Minggu, 16 Desember 2012

KOTAK SPONGE BOB



Sponge Bob membeli televisi. Ketika televisi diantar ke rumahnya, Sponge Bob membuang televisi dan mengambil kotaknya. Ia mengajak Patrick untuk berpetualang di dalam kotak, sedangkan Squidward tidak bersedia ikutan dan memilih memungut televisi yang dibuang Sponge Bob.

Di dalam kotak, Sponge Bob dan Patrick bermain imajinasi. Mereka berpetualang mendaki gunung. Terdengar suara riuh dari dalam kotak, ada teriakan semangat dan ungkapan-ungkapan kegembiraan, Squidward merasa terganggu. Bukan saja oleh suara riuh itu, tetapi terutama oleh kegilaan kedua bocah lucu itu yang dianggapnya lebay. Suara makin seru dan keras dari dalam kotak, karena salju longsor akibat getaran suara Patrick yang terus berteriak kegembiraan. Sedangkan Squidward semakin terganggu, mulai marah dan sewot. Ia berteriak-teriak agar kedua bocah yang rada bandel itu menghentikan aksinya di dalam kotak. Sponge Bob malah menawarkan agar ia ikut bergabung ke dalam kotak. Squidward tegas menolaknya. Ia tidak mau ikut-ikutan gila.

Pada kesempatan lain, Sponge Bob dan Patrick kembali ke dalam kotak. Kali ini mereka berpetualang menjadi robot bajak laut. Kehebohan dan keriuhan kini lebih dahsyat, banyak suara aneh muncul dari dalam kotak. Teriakan kegembiraan kedua bocah itu membahana menggelegar lebih dahsyat, dan Squidward semakin keqi, kesel, sewot, dan panik. Ia sungguh tidak dapat menahan diri dan membuka kotak. Kedua bocah itu terkejut, tapi Squidward lebih kaget karena hanya ada Sponge Bob dan Patrick. Ia tadinya mengira pasti ada alat bantu yang menimbulkan suara heboh yang menggelegar itu.

Pada malam hari, ketika Sponge Bob dan Patrick terlelap, Squidward masuk ke dalam kotak itu. Ia heran hanya sebuah kotak, mengapa bisa ada kegembiraan dan kehebohan saat Sponge Bob dan Patrick berada di dalamnya. Squidward tak pernah menyadari kedahsyatan imajinasi. Itulah kesalahannya.

Imajinasi telah mekahirkan Si Unyil, Tom and Jerry, Avatar, Herry Potter, Narnia, Upin dan Ipin, Star Wars, Lord of The Rings, Matrix, Mario, Ragnarock, Play Station, dan Nintendo. Imajinasilah yang memicu para seniman seperti Chairil Anwar, Raden Saleh, Jihan, Salvador Dalli, Picasso, Cokot, John Lenon, Michael Anggello, .... untuk menghasilkan karya-karya besar.

Tapi, imajinasi bukanlah monopoli para seniman. Borobudur, Piramida, Great Wall dibangun oleh para kreator yang sangat mengandalkan imajinasi. Collombus, Marco Pollo, Magellhan mengarungi samodra luas tidak berbekal peta yang sempurna, dan modal makanan serta peralatan  juga tidak cukup, tetapi digairahkan oleh imajinasi yang menggelora. Imajinasilah yang membawa mereka ke daerah tak bertuan, dunia baru! Jack Sparrow juga begitu....

Imajinasilah yang membimbing Copernicus untuk menghitung ulang semua kaitan bumi dan matahari dan melahirkan heliosentris melawan Ptolemeus yang ngotot dengan geosentris. Imajinasi pula yang membuka jalan bagi Newton untuk merumuskan hukum gravitasi. Imajinasi, kata genius terbesar Einstein, lebih penting daripada ilmu pengetahuan. Sebab imajinasilah yang melahirkan ilmu pengetahuan. John Dewey, salah seorang filsuf yang sangat berpengaruh di abad 20, memperkenalkan abduksi, sebagai pemerkaya cara kerja deduksi dan induksi. Dalam abduksi, ada tempat bagi imajinasi untuk melahirkan ilmu. Karl Raimund Popper juga menegaskan pentingnya imajinasi dalam pengembangan ilmu. Para penganut dan pengusung posmo malah lebih percaya pada imajinasi daripada logika. Magi, kata mereka, lebih bermakna daripada logi. Kuhn, Lakatos, dan Fayerabend menegaskan pendirian yang sama dalam filasafat ilmu mereka. Ilmu bisa maju dan berkembang karena imaji dan anarki.

Imajinasi yang memungkinkan manusia menclok di bulan, berpetualang ke kedalaman bawah laut, menjelajahi Mars, mengendarai pesawat ulang alik, dan bertamasya ke angkasa luar. Imajinasi pula yang melahirkan rendang, popcorn, dan combro!

Imajinasi mengubah manusia dan dunia, karena imajinasilah yang melahirkan satelit, telepon genggam, i-pod, i-phone dan i-pad. Google dicetuskan oleh imajinasi nakal dan iseng.

Imajinasi membuat dunia penuh warna dan bermakna. Ada kegairahan dan tantangan, serta kegembiraan di dalammnya. Tetapi, mengapa banyak orang seperti Squidward, yang takut, menghindar, dan memusuhi imajinasi? Tidak semua orang seperti Sponge Bob dan Patrick yang berani berselancar dalam tsunami dahsyat imajinasi, menceburkan diri, tenggelam dan larut dalam gairah dan kegembiraannya. Ahli kreativitas Mihalyi menyebutnya mengalir.....

Bila ditinjau dengan teori kuadran otak dapat dikatakan bahwa Sponge Bob berani memanfaatkan sisi atas dan sisi bawah belahan otak kanannya, itu yang menyebabkan ia brani keluar dari tempurung kebiasaan. Melakukan apa yang diistilahkan oleh de Bono sebagai Lateral Thinking, gaya berfikir yang tidak linear, tapi meyamping yang mendorong orang untuk menyimpang. Menyimpang dari kebiasaan dan tradisi, mencari jalan-jalan baru yang tak terduga dan penuh kejutan. Memang, tidak banyak orang yang punya nyali untuk merasakan kejutan imajinasi yang seringkali menghentak-hentak dan mendamparkan orang pada ketidakpastian. Ada getaran rasa takut memang, seperti meluncur dengan jet coster atau jatuh dari ketinggian, nafas seperti hilang dan jantung sekelebat terhenti. Mengerikan tapi asyik....dan menggairahkan

Squidward sangat berbeda, ia betah di zona aman. Ia telah mengurung cara berfikirnya pada sisi bawah belahan otak kirinya. Ia tak brani keluar dari situ, ia sangat konsisten, sekali di situ ya selamanya di situ. Hidupnya adalah repetisi, sekedar pengulangan, habitus atau kebiasaannya adalah copy paste. Perbedaan dan keberagaman baginya adalah penyakit menular yang harus dihindari. Hidupnya pasti, terstruktur dan sangat terukur. Semuanya harus dihitung. Hidup adalah kalkulasi dalam presisi tingkat tinggi. Hidupnya sangat terjadwal dari menit ke menit. Sungguh tak ada celah bagi imajinasi bahkan dalam pori-pori kulitnya. Hidupnya tenang, pasti, dan datar mirip tembok Cina, dingin bagai pendingin dalam kulkas. Ia penuh curiga, bukan ingin tahu. Ia suka bertanya untuk kepastian, tak pernah mempertanyakan. Ia tak pernah brani keluar dari tempurung kebiasaan, karena khawatir tergelincir. Hidupnya bagai katak di bawah katak di bawah tempurung. Sejarah hidupnya adalah monotoni..

Sialnya, justru gaya Squidward ini yang mendominasi dan merajalela. Para penguasa yang biasanya mati rasa, tak brani untuk keluar dari tempurung kebiasaan, menggunakan copy paste dalam perumusan kebijakan publik. Dari rezim ke rezim bila ada kenaikkan harga BBM di tingkat dunia, maka hanya satu pilihan yang dijalankan, kurangi subsidi naikkan harga BBM, minta rakyat mengecangkan ikat pinggan, tapi penguasa semakin kencang menimbun keuntungan. Seakan tak ada solusi yang lebih cerdas dan empatis. Bila ada masalah dalam kehidupan bangsa dan pendidikan, maka ganti kurikulum, seolah itulah satu-satunya pilihan.

Di mana tempat imajinasi dalam pendidikan kita? Imajinasi dipersepsi sebagai virus yang minimal menimbulkan alergi fikiran, karena itu harus dijauhi, dan dimusuhi. Imajinasi jarang atau tak pernah mampir di ruang kelas, imajinasi ada di belakang sekolah dekat wc ketika sejumlah siswa merencanakan bagaimana cara ngerjain gurunya. Imajinasi muncul di kantin kampus saat mahasiswa ngegosipin dosennya yang jarang penelitian dan gak bisa nulis buku, tapi galaknya bukan maen. Karena itu jika siswa atau mahasiswa ditanya mata pelajaran apa yang paling kalian sukai, serempak menjawab, "mata pelajaran kosooooooooooooong!"

Imajinasi harus dibawa kembali dalam metabolisme masyarakat dan reproduksi kultural bangsa ini. Imajinasi adalah ragi bagi penemuan dan inovasi. TANPA IMAJINASI KITA MATI SURI!

105 komentar:

  1. Syifa Wulandari
    P.IPS Regular B 2013
    Berimajinasi adalah hal yang sangat mudah dilakukan semua orang. Berimajinasi membawa seseorang ke dunia lain, ke dunia yang ia ciptakan sendiri tanpa orang lain ketahui. Berimajinasi sangatlah menyenangkan dan mengasyikan, membawa pikiran jalan-jalan ke hal yang kita inginkan. Berimajinasi berarti kita keluar dari zona realitas menuju zona diluar sana yang lebih luas. Dengan berimajinasi kita dapat merasakan kehebatan dan kekuatan pikiran dalam otak.
    Saya sangat setuju dengan tulisan bapak diatas, bahwa ilmu pengetahuan terlahir tidak terlepas dari imajinasi para ilmuwan. Para inovator diluar sana juga sebelum melahirkan dan membuat suatu karya pastilah ia berangan-angan dan berimajinasi lebih dulu. Maka dari situlah kita tau kekuatan imajinasi begitu kuat. Dan ya saya sangat setuju kalau para pengusa negeri ini tidak berani keluar dari zona aman dan nyaman (menurut mereka). Yang mereka lakukan hanya copy paste kebijakan dan keputusan yang pernah dibuat pada rezim sebelumnya, padahal dunia terus berputar dan zaman sudah berbeda, tidak bisa disamakan dengan keadaan dahulu. Itulah yang membuat para penguasa kita stuck ditempat, tidak mau berimajinasi untuk sesuatu hal yang baru. Yang kita butuhkan sekarang adalah pemimpin yang berani berimajinasi, mendobrak dan melakukan perubahan. Begitu pula dengan dunia pendidikan. Didunia pendidikan imajinasi tak diberi tempat dan waktu. Padahal murid-murid sekolah dasar adalah usia anak-anak yang penuh imajinasi. Mereka harus diberi ruang untuk tidak hanya belajar formal dikelas melainkan dapat berimajinasi sesuai yang mereka inginkan. Hal itu membuat murid-murid merasa diberi kebebasan namun tetap dalam koridor. Dengan berimajinasi anak akan lebih mengeksplor dan tereksplor bakat dan minatnya. Dengan demikian imajinasi akan melahirkan penemuan-penemuan dan inovasi.
    Pertanyaan:
    1. Apakah para ahli sosiologi yang memilki banyak teori sebelumnya berimajinasi?
    2. Apakah dengan berimajinasi dapat meningatkan kerja otak kita?
    3. Sesuai dengan tulisan diatas yang menyatakan Imajinasi adalah raga bagi penemuan dan inovasi, dapat berlaku untuk semua disiplin ilmu?

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum pak saya shaiba ayu widyawati p.ips reg B.
    Terkadang hidup ini memang perlu belajar pada tokoh-tokoh animasi kartun sperti spongebob,tom and jerry, upin dan ipin karena mereka semua itu terlahir dari imajinasi-imajinasi manusia yang luar biasa. Menurut saya Kisah spongebob diatas mengajarkan kepada kita untuk berimajinasi , untuk mengeluarkan apa yang sedang kita pikirkan, memberanikan diri untuk tampil depan layar dengan pede apapun yang kita akan tampilkan. Yah memang tak semua orang dapat mempunyai imajinasi sebesar spongebob , saya sendiri pun termasuk orang yang minim daya imajinasinya. Pertanyaan saya: bagaimana cara menumbuhkan imajinasi itu?
    Kita lihat saja para petinggi negeri ini pun tak berimajinasi tinggi, mereka cenderung mengikuti adat turunan dari masa ke masa, mengapa tidak berusaha membuat inovasi baru dalam memutuskan suatu keputusan? Kita lihat saja di lingkungan kampus, para senior dari masa ke masa melantik mahasiswa baru nya pasti mengikuti dengan apa yang kaka tingkat mereka lakukan padanya dahulu. Mereka tak berusaha merubah sistem itu, apa yang menyebabkan semua itu terjadi? Apakah mereka ingin mempertahankan kebudayaan dalam melantik maba nya? Ataukah mereka ingin membalaskan dendamnya pada adik-adik maba nya itu? Entahlah!

    BalasHapus
  3. Eka Ma'rifah P.IPS A 2013
    Manusia diciptakan berbeda-beda. Tak ada manusia yang sama persis. Bahkan orang yang terlahir kembae sekalipun tak akan sama persis, mereka masih bisa dibedakan.Bukan hanya fisik saja yang berbeda tetapi Tuhan juga menciptakan manusia dengan kemampuan yang berbeda dengan kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Kemampuan berimajinasi merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki manusia. tetapi kemampuan itu tak begitu saja bisa didapat, harus ada kemauan dan usaha.
    Manusia memang diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing tetapi tak sedikit manusia yang berani menunjukkan kelebihannya serta tak berani menunjukkan perbedaan yang mereka miliki, mereka takut keluar dari zona aman, takut dengan ketidakpastian. bahkan adamanusia yang membenci imajinasi yang padahal akan membuatnya unik dan berbeda bahkan membawanya kedalam keadaan yang lebih baik. kebanyakan dari mereka tak punya nyali untuk keluar dari zona aman,hidup mereka hanya mengulang. tak berani menjelajah tantangan termasuk mereka para penguasa pemerintahan. Mereka tak berani mengambil kebijakan baru.
    seharusnya jika ada beberapa orang bisa mengekplore kemampuannya, maka semua orang juga bisa melakukannya karena pada dasarnya manusia diciptakan dengan kekurangan dan kelebihan masing-masing.
    pertanyaan :
    1. bagaimana cara untuk memberanikan diri keluar dari zona aman?
    2. bagaimana cara agar kita bisa mengeksplore imajinasi dalam diri kita?
    3. bagaimana imajinasi dapat dibawa kembali ke dalam metabolisme masyarakat dan reproduksi kultural bangsa ini ?

    BalasHapus
  4. Nama : Dinta Fajryenti
    Nim : 4914131386
    P IPS REG A 2103

    Imajinasi memang tidak dapat dipisahkan dala hidup kita.karena imajinasi lah yang akan melahirkan suatu karya yang menakjubkan. imajinasi juga dapat meningkat daya kreativitas seseorang. misalnya saja pembuatan film tom and jerry, imajinasinya dalam pembuatan film ini dapat mengahasilkan suatu karya yang sangat digemari orang banyak. selain itu imajinasi yang ada di dalam pikiran kita sebaiknya disalurkan agar kita dapat menciptakan sesuatu hal yang mungkin dapat dikenal oleh orang banya. apalagi kita sebagai mahasiswa, harus selalu berimajinasi apalagi saat kita melakukan skirpsi, kia dapat berimajinasi judul apa yang menarik dan dapat diangkat dalam realitas kehidupan.

    Pertanyaan :
    1. bagaimana cara meningkat daya imajinasi kita ?
    2. apa yang harus kita lakukan agar imajinasi yang kita inginkan tercapai ?
    3. kapan waktu yang tepat untuk berimajinasi ?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  5. nama : Akhmad Rayhan Aditya
    NIM : 4915131399
    banyak manusia betah di zona amannya karena ia egois dan hanya memikirkan dirinya sendiri ketimbang oranglain, bahaya nya ketika ia menjadi seorang pemimpin atau orang yang memiliki jabatan penting yang ia lakukan hanya menjalankan tugas tugas kesehariannya saja dan jika terjadi sesuatu masalah menimpa ia tidak mengerti bagaimana cara mengatasinya mengapa?? karena ia tidak berani BERINOVASI pada hal yang sudah ia jalaninya maka saat terjadi ketidaksesuaian ia stuck disitu saja, inilah realita yang terjadi di kebanyakan masyarakat kita apakah ini melambangkan ketidak mampuan masyarakat kita dalam menciptakan inovasi2 baru dikehidupan?? "Imajinasilah yang memicu para seniman seperti Chairil Anwar, Raden Saleh, Jihan, Salvador Dalli, Picasso, Cokot, John Lenon, Michael Anggello, .... untuk menghasilkan karya-karya besar" dari kutipan ini saya menarik kesimpulan, dalam hidup kita harus memiliki idola dari setiap seniman dunia yang melegenda agar hidup kita selalu berwarna seperti karya karya mereka yang mendunia dan kita bisa belajar menciptakan invovasi memulai dari hal yang kecil, so apakah kita wajib untuk mengidolai seniman salahsatu dari mereka?? apakah didalam diri setiap manusia memiliki mau berimajinasi dan menciptakan inovasi?? mengapa manusia tidak berani kluar dari zona amannya?? dikelompok manakah masyarakat indonesia di zona amannya atau berani keluar dari zonanya??

    BalasHapus
  6. Agustina Rahmawati
    P.IPS.Reg B

    Imajinasi adalah awalan kita manemukan inovasi dengan tujuan memudahkan kehidupan manusia. Imajinasi akan berguna bila dapat dimunculkan dalam kenyataan. Manusia adalah makhluk yang tidak pernah merasa puas, hal itu yang mendorong seseorang yang berimajinasi kemudian mengembangkan sesuai dengan imajinasi kita.
    1. Mengapa imajinasi sering muncul pada pikiran kita ?
    2. Apa yang menyebabkan kita berimajinasi ?
    3. Apakah jika kita sering berimajinasi akan mempengaruhi perkembangan otak agar bisa lebih baik?

    BalasHapus
  7. Nama : ayatusyifa wulandari ( 4915131390)
    Kelas : P.IPS A 2013
    “ KOTAK SPONGE BOB “
    Menurut saya, dalam tulisan bapak yang berjudul kotak sponge bob, benar memang jika imajinasi itu yang seharusnya terus dikembangkan oleh akar pikiran manusia, karena imajinasilah yang akan membuat seseorang itu berpikir dan bertindak secara kritis tapi bagaimana jika kita sebagai manusia hanya bisa berimajinasi tanpa didukung oleh sarana dan prasarana yang cukup ? apakah setiap imajinasi pasti selalu berlandaskan ilmu, pengetahuan, dan ilmu pengetahuan ? dan menurut bapak sebagai ahli filsafat apakah ada kaitannya antara imajinasi dan filsafat, serta dari manakah imajinasi itu bisa bertumbuh apakah ada syaraf tersendiri yang mengatur jalannya dan berkembangnya dunia imajinasi dalma fikirian kita ? karena imajinasi tak pernah terdeteksi dan sudah untuk digambarkan.

    BalasHapus
  8. Nama: Anggie Nur Swastika
    Kelas: P.IPS A 2013
    NIM: 4915131406

    Menurut saya, imajinasi bisa digunakan untuk apa saja dalam bentuk apapun seperti membuat ide yang baru, kratifitas yang bagus dan menhasilkan bentuk-bentuk yang berharga dan bermanfaat. Dalam imanjinasipun juga bisa dibuat yang aneh-aneh. Imajinasi adalah menghasilkan pemikiran yang lebih bernilai dan berguna bagi setiap manusia. Dalam konteks tersebut, imajinasi sering disalahgunakan untuk yang tidak penting seperti, menghayal yang awalnya belum pernah kita rasakan, belum pernah kita lakukan dan belum terbukti. Tetapi, hal ini sangat jelas terlihat bahwa imajinasi banyak digunakan untuk kepentingan sendiri dan juga tidak untuk menghasilkan sesuatu yang berbeda. Sebaiknya imajinasi digunakan untuk sesuatu yang bisa bermanfaat dan berguna untuk menciptakan yang sangat penting bagi kehidupan manusia.
    Pertanyaan
    1. Bagaimana menurut bapak, kalau imajinasi itu disalahgunakan untuk kepentingan yang membuat orang-orang di sekitar itu dirugikan ?
    2. Apakah setiap orang itu mempunyai imajinasi tetapi tak pernah untuk dihasilkan ataupun diciptakan ?
    3. Bagaimana kita menyikapi, jika ada orang yang tidak mempunyai imajinasi ?

    BalasHapus
  9. Nazia Maulia Amini
    4915131373
    Saya sependapat dengan pak nusa. Imajinasi amat sangat diperlukan untuk hidup. Jika tidak ada imajinasi berarti tidak usah hidup. Dengan imajinasi sering kali lahir penemuan penemuan yang sangat bermanfaat bagi manusia itu sendiri. Dari pemikiran liarlah yang kadang menciptakan hasil yang wah. Apapun pemikiran liar yang datang maka ambillah. Orang yang keluar dari zona amannya akan menjadi seorang pemimpin itulah yang saya dengar diPKMJ. Mengapa demikian? Karena ia akan berani mengambil resiko dan akan menjadi seorang pemimpin.
    1. Bagaimana menuangkan pemikiran yang liar ke dalam tulisan, apabila ingin menulis?
    2. Apakah imajinasi sama khayalan sama?
    3. Bagaimana menciptakan imajinasi yang berkualitas bagus dan baik?
    4. Siapa yang pertama kali menemukan imajinasi?
    5. Kenapa disebutnya imajinasi? Kenapa gak mimpi?

    BalasHapus
  10. Nama : Reni Nurjanah
    Kelas : P.IPS A
    NIM : 4915131388

    Imajinasi adalah hal terpenting dalam diri seseorang, tanpa imajinasi kita tidak bisa maju dan berkembang karena pikiran kita tidak mau menerima hal-hal baru yang unik dan menyenangkan sehingga kerap kali otak dan pikiran kita terhambat oleh hal-hal yang tidak penting untuk dipikirkan. Sponge bob dan Patrick sangat berani mengimajinasikan segala yang ia rasakan kemudian ia tuangkan dalam bentuk pengekspresiannya. Lain halnya dengan Squidward yang malah jengkel, kesel, dan terganggu dengan ekspresi dari Sponge Bob dan Patrick. Karena ia tahu bahwa di dalam kotak tersebut tidak ada apa-apa tetapi Spongebob dan Patrick mengimajinasikannya dengan penuh kecerian. Sedangkan Squidward tak bisa seperti Spongebob dan Patrick. Ia sudah merasa nyaman di zona aman, sehingga ia takut untuk bergerak dan maju, hidupnya pun tenang. Sama halnya dengan anak muda zaman sekarang yang lebih betah di zona aman dengan konsisten pada satu titik, dan ia lebih memilih hidup itu lebih baik aman. Tapi aman yang seperti apa dulu, maksudnya aman disin adalah bahwa kita hidup tidak mempunyai gangguan atau halangan sedikitpun, justru itukan menggambarkan hal-hal yang tidak baik dalam hidup, karena sesungguhnya hidup itu akan terus berjalan dan berkembang.
    1. Mengapa setiap orang harus mempunyai imajinasi?
    2. Lalu adakah kaitannya imajinasi dengan pendidikan?
    3. Lalu bagaimana jika ada orang yang tidak menyukai imajinasi baik dalam segi pendidikan maupun hiburan?

    BalasHapus
  11. Nama : Pathurochmah
    Kelas : PIPS Reguler B 2013
    Imajinasi tidak bisa ditebak dan dikendalikan. Imajinasi mengalir begitu saja bak air sungai yg mengikuti arah anak sungai. Dengan imajinasi hidup kita menjadi lebih berwarna dan bisa jadi semua yg diciptakan manusia berasal dari sebuah imajinasi yg tidak sengaja.
    pertanyaaan
    1. Imajinasi tidak ada batasan, namun adakah cara untuk mengontrol imajinasi?
    2. Apakah terlalu banyak imajinasi itu merupakan hal konyol?
    3. Bagaimana cara melepaskan diri dari kebiasaan dan menerjang sesuatu yg baru?

    BalasHapus
  12. Dessy Permata Sari (4915131417)
    ‘Kotak Spongebob’ saya sependapat dengan tulisan ini. Karena dengan imajinasi kita dapat mengubah dunia ini dengan lebih berwarna. Tetapi kenyataannya, masih banyak masyarakat yang seperti squidward takut untuk berimajinasi. Andai saja setiap manusia berani untuk berimajinasi. Pastilah banyak penemuan dengan inovasi-inovasi baru yang lebih canggih dan tentunya dapat lebih mudah membantu pekerjaan manusia. Hasil dari imajinasi dapat kita lihat seperti google, ipad, iphone dan masih banyak lagi.
    1. Apa yang menjadi landasan seseorang untuk berimajinasi?
    2. Mengapa masih banyak orang yang seperti squidward takut untuk berimajinasi?
    3. Bagaimana cara seseorang menuangkan imajinasinya dalam kehidupan nyata?

    BalasHapus
  13. Sella Alferaria
    4915131419
    P.IPS A 2013
    Dalam tulisan ini yang berbicara tentang imajnasi, jika dipikirkan secara akal pikiran mampu membuat manusia untuk menghasilkan karya-karyanya. Memang masuk akal jika imajinasi merupakan cara yang membuat orang mencari cara untuk melakukan sesuatu atau memecahkan suatu masalah sehingga imajinasi melahirkan ilmu pengetahuan. Rasa ingin tahu dan penasaran untuk menemukan jawaban setiap pertanyaan di dalam diri sesorang menyebabkan adanya imajinasi tersebut.
    Secara Empiris imajinasi telah memberi warna pada dunia dan manusia. Hal ini dibuktikan pada pengalaman para tokoh dalam berinovasi seperti Copernicus untuk menghitung ulang semua kaitan bumi dan matahari dan melahirkan heliosentris melawan Ptolemeus yang ngotot dengan geosentris. Imajinasi pula yang membuka jalan bagi Newton untuk merumuskan hukum gravitasi. Hasil dari imajinasi adalah adanya satelit, telepon genggam, i-pod, i-phone dan i-pad dan Google. Imajinasi telah menumbuhkan kreativitas.
    Saya setuju dengan tulisan bapak bahwa sebagian besar orang lebih banyak memiliki gaya hidup seperti Squidward yang memusuhi imajinasi. Sehingga wajar saja adanya permasalahan yang terjadi di pendidikan, ekonomi dan politik.
    Pertanyaan
    1. Apa yang membuat orang untuk berimajinasi?
    2. Dengan berimajinasi manusia bisa berkarya, tetapi mengapa banyak orang yang masih memiliki gaya hidup seperti squidward?
    3. Apakah sulit bermain imajinasi di dalam hidup?

    BalasHapus
  14. Sella Alferaria
    4915131419
    P.IPS A 2013
    Dalam tulisan ini yang berbicara tentang imajnasi, jika dipikirkan secara akal pikiran mampu membuat manusia untuk menghasilkan karya-karyanya. Memang masuk akal jika imajinasi merupakan cara yang membuat orang mencari cara untuk melakukan sesuatu atau memecahkan suatu masalah sehingga imajinasi melahirkan ilmu pengetahuan. Rasa ingin tahu dan penasaran untuk menemukan jawaban setiap pertanyaan di dalam diri sesorang menyebabkan adanya imajinasi tersebut.
    Secara Empiris imajinasi telah memberi warna pada dunia dan manusia. Hal ini dibuktikan pada pengalaman para tokoh dalam berinovasi seperti Copernicus untuk menghitung ulang semua kaitan bumi dan matahari dan melahirkan heliosentris melawan Ptolemeus yang ngotot dengan geosentris. Imajinasi pula yang membuka jalan bagi Newton untuk merumuskan hukum gravitasi. Hasil dari imajinasi adalah adanya satelit, telepon genggam, i-pod, i-phone dan i-pad dan Google. Imajinasi telah menumbuhkan kreativitas.
    Saya setuju dengan tulisan bapak bahwa sebagian besar orang lebih banyak memiliki gaya hidup seperti Squidward yang memusuhi imajinasi. Sehingga wajar saja adanya permasalahan yang terjadi di pendidikan, ekonomi dan politik.
    Pertanyaan
    1. Apa yang membuat orang untuk berimajinasi?
    2. Dengan berimajinasi manusia bisa berkarya, tetapi mengapa banyak orang yang masih memiliki gaya hidup seperti squidward?
    3. Apakah sulit bermain imajinasi di dalam hidup?

    BalasHapus
  15. Sella Alferaria
    4915131419
    P.IPS A 2013

    Dalam tulisan ini yang berbicara tentang imajnasi, jika dipikirkan secara akal pikiran mampu membuat manusia untuk menghasilkan karya-karyanya. Memang masuk akal jika imajinasi merupakan cara yang membuat orang mencari cara untuk melakukan sesuatu atau memecahkan suatu masalah sehingga imajinasi melahirkan ilmu pengetahuan. Rasa ingin tahu dan penasaran untuk menemukan jawaban setiap pertanyaan di dalam diri sesorang menyebabkan adanya imajinasi tersebut.
    Secara Empiris imajinasi telah memberi warna pada dunia dan manusia. Hal ini dibuktikan pada pengalaman para tokoh dalam berinovasi seperti Copernicus untuk menghitung ulang semua kaitan bumi dan matahari dan melahirkan heliosentris melawan Ptolemeus yang ngotot dengan geosentris. Imajinasi pula yang membuka jalan bagi Newton untuk merumuskan hukum gravitasi. Hasil dari imajinasi adalah adanya satelit, telepon genggam, i-pod, i-phone dan i-pad dan Google. Imajinasi telah menumbuhkan kreativitas.
    Saya setuju dengan tulisan bapak bahwa sebagian besar orang lebih banyak memiliki gaya hidup seperti Squidward yang memusuhi imajinasi. Sehingga wajar saja adanya permasalahan yang terjadi di pendidikan, ekonomi dan politik.
    Pertanyaan
    1. Apa yang membuat orang untuk berimajinasi?
    2. Dengan berimajinasi manusia bisa berkarya, tetapi mengapa banyak orang yang masih memiliki gaya hidup seperti squidward?
    3. Apakah sulit bermain imajinasi di dalam hidup?

    BalasHapus
  16. Komentar kritis KOTAK SPONGE BOB
    Dari tulisan atau kutipan diatas menyatakan bahwa seseorang itu hidup tidak hanya menggunakan akal pikiran atau rasionalitas nya saja, terbukti pada diri Squidward yang sepertinya resah dan tak mau berurusan dengan yang namanya sebuah imajinasi. Sosok Squidward terlalu Pragmatisme , dimana dia hanya menggangap segala sesuatu itu bermanaat bagi dirinya yang bisa membuat seseorang itu mempunyai kekuasaan yang diperoleh hanya oleh akal rasionalitas , namun spongebob menyatakan kepada kita bahwa ilmu (rasionalitas) tidaklah bisa mengungkapkan apa saja yang ada di dunia ini. Namun pada kasus atau cerita ini positivisme lah yang paling dominan.

    Pertanyaan :
    1. Mengapa seseorang tidak mengerti apakah makna di balik sebuah kardus kosong spongebob dan patrick ?
    2. Apakah dengan rasionalitas maka kita bisa menciptakan sebuah imajinasi ?
    3. Mengapa imajinasi sangat dibutuhkan untuk seseorang dalam melakukan atau membuat karya nya ?

    Komentar kritis SUDI
    Dalam kehidupan nyata, seseorang sangat sulit untuk mencantumkan asal suku dan budayanya pada nama yang ia punya, padahal dengan adanya sebuah identitas itu maka akan menimbulkan suatu ciri khas atau keunikan tersendiri di dalam diri nya dan di dalam masyarakat yang majemuk ini. ketika kita berkarya dan didukung oleh sebuah identitas yang kental maka seseorang akan mengingat asal dan karya kita tersebut dengan cepat dan sulit untuk dilupakan . disinilah pentingnya sebuah ke identitasan akan sebuah keberagaman.

    Pertanyaan :
    1. Apakah faktor yang mempengaruhi seseorang tak sudi mencantumkan asal usul ke identitasannya ?
    2. Apakah ke identitasan akan membuat dan memberikan manfaat yang besar bagi seseorang ?
    3. Mengapa tak sudi untuk memelihara budaya dan keberagaman suku-suku budaya yang ada di indonesia ?

    BalasHapus
  17. Saya Annisa Ekafenty Ramadhania (4915131407) dari Pendidikan IPS 2013, saya ingin mengomentari salah satu tulisan bapak yang berjudul Kotak Sponge bob. Cerita ini menceritakan bahwa dalam cerita Kotak Sponge bob, mengandung pesan kecil berupa pentingnya imajinasi. Melahirkan imajinasi tidaklah mudah, kita harus bisa berinovasi serta tidak takut dengan segala hal yang baru. Suka menerima tantangan, suka dengan segala sesuatu yang berbeda. Namun, imajinasi dapat dikaitkan dengan keadaan negeri saat ini. Banyak sekali pejabat Indonesia yang belum memilki Imajinasi. Karena mereka cenderung monoton, cenderung tidak suka hal yang baru dan cenderung selalu mengikuti peradaban namun tidak pernah diolah agar dapat menghasilkan inovasi serta imajinasi. Berbagai rencana pembaharuan seolah tidak memiliki pembaharuan yang tepat. Menurut saya imajinasi merupakan bumbu dari inovasi. Karena inovasi tidak dapat berdiri sendiri tanpa imajinasi. Bagaimana negara ini bisa maju jikalau para petinggi negara cenderung monoton atas segala yang dilakukannya dalam memimpin negara Indonesia.
    Pertanyaan:
    1. Apakah imajinasi sangat berpengaruh pada kesehatan otak seseorang? Bagaimana cara kerja otak dalam berimajinasi?
    2. Apakah banyak orang yang gagal dalam imajinasinya?
    3. Bagaimana cara menghasilkan imajinasi yang cemerlang dan sukses dalam tiap pemikirannya?
    Terima Kasih.

    BalasHapus
  18. Siti Mastoah
    P.IPS A 2013
    namun kenyataannya di zaman sekarang ini banyak orang yang kurang dalam berimajinasi dikarenakan mereka takut menjadi gila jika imajinasinya itu tidak menjadi kenyataan. justru sebaliknya jika ada seseorang yang sedang berimajinasi, orang itu dianggap gila. terlalu berkhayal, menunggu yang tidak pasti. banyak diantara mereka yang hidupnya hanya copy paste hasil imajinasi orang lain.
    mengapa bapak bisa mengatakan, TANPA IMAJINASI KITA MATI SURI ???
    Bagaimana tanggapan dari para filsuf tentang imajinasi ???
    bagaimana cara menghilangkan ketakutan dalam berimajinasi ???

    BalasHapus
  19. berfikir imajinatif? cara melakukan imajinatif itu sendiri harus berbeda dari jalan sebelumnya. melakukannya dengan cara yang berbelok atau beliku-liku. berfikir dengan LIAR membuat kita menjadi seorang yng menstimulasi kreativitas serta imajinatif.

    1.bagaimana cara kita untuk menggugah imajinatif itu?
    2.apa semua manusia memiliki imajinatif?
    3.apa tujuan dari rasa imajinatif?

    BalasHapus
  20. Nama : Vivich Husnul Khotimah
    NIM : 4915131387
    Jurusan : P.IPS A 2013
    Mata Kuliah : Filsafat Ilmu
    Ya, saya setuju... kebanyakan sebagian kalangan mengebelakangkan imajinasi dan mengedepankan keakademian, tapi nyatanya zaman sekarang imajinasi sangat dibutuhkan dalam kehidupan modern. Kita bangsa Indonesia membutuhkan para imajiner untuk berinovasi dan mampu bersaing dengan negara-negara lain. Sistem pendidikan kita menuntut untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi akademis dibandingkan non akademis. Contohnya saja, seorang anak lebih dituntut untuk memperdalam mempelajari pelajaran akademis dibandingkan dengan non akademis. Padahal imajinasi bisa terbentuk ketika manusia mempelajari kesenian, melalui pelajaran kesenian manusia bisa menumbuhkan dan mengembangkan jiwa seni dan kreatifnya. Coba bayangkan jika pemuda Indonesia mampu berimajinasi dan menghasilkan sebuah karya yang sangat membanggakan, tentunya itu adalah sebuah investasi yang besar untuk Indonesia. Ketika keadaan macet, lalu terlintas sebuah fikiran, jikalau ada motor atau mobil yang mampu terbang seperti pesawat maka akan mengurangi kemacetan di darat dan mungkin jika itu diciptakan akan terjadi kemacetan di udara seperti halnya kemacetan di darat, haha. Sungguh lucu dan aneh fikiran itu terlintas, tetapi tidak ada yang bisa melarang ide itu muncul dan dilontarkan, karena setiap orang berhak berimajinasi. Kebanyakan dari kita bergerak hanya pada zona nyamanya saja dan takut untuk bergerak ke arah yang lebih menantang. karena takut oleh resiko dan kegagalan yang akan menghampiri tanpa kita ketahui.
    Pertanyaan :
    1. Bagaimana dengan pendidikan kita, yang menempatkan orang yang mempunyai kecerdasan akademis lebih diunggulkan dibandingkan dengan orang yang mempunyai kecerdasan non akademis? Apakah pendidikan kita dapat disebut monoton?
    2. Apaka imajinasi termasuk sebuah ilmu?
    3. Bagaimana imajinasi itu dapat muncul?

    BalasHapus
  21. Luthfiyani Nadia (4915133432)
    PIPS B 2013

    Dengan imajinasi kita akan dituntut untuk menggali imajinasi di dalam pikiran kita sedalam-dalamnya dan seluas-luasnya sehingga mendapatkan inovasi yang baru dan luar biasa. Karena imajinasi membawa kita ke seluruh tempat, meliputi keseluruhan, dan melahirkan evolusi. Mengapa imajinasi mendukung pengembangan ilmu? Dari mana imajinasi itu datang?

    BalasHapus
  22. NAMA : WINDI MELANDINI
    NIM : 4915131379
    P.IPS A 2013
    Imajinasi atau khayalan adalah hal yang ada dipikiran kita dan hal tersebut tidak nyata bahkan dapat dianggap mustahil. Sebagian orang beranggapan bahwa menghayal adalah pekerjaan orang yang malas, tetapi hayalan atau imajinasi dapat menghasilkan karya, penemuan dan lain-lain. Dengan adanya imajinasi manusia dapat mengembangkan hal sederhana menjadi lebih berkembang dan bernilai. Walaupun begitu kadang-kadang kita mengimajinasikan hal yang tidak penting yang dapat merugikan orang lain, sehingga tidak menghasilkan apapun.
    1. Pentingkah imajinasi bagi kehidupan manusia?
    2. Apa manfaat dari berimajinasi?
    3. Bagaimana cara mengembangkan imajinasi agar dapat menghasilkan suatu karya atau penemuan?

    BalasHapus
  23. Banyak yang bilang bahwa kesuksesan berawal dari mimpi. Saya percaya dengan hal itu. Tapi bila hanya sebatas mimpi dan tidak dicoba untuk direalisasikan itu amat sangat percuma. Buat apa bermimpi setinggi langit tapi tidak ada usaha untuk mencapainya. Dan mimpi itu berawal dari sebuah Imajinasi kita. Sebuah imajinasi mau jadi apa kita kelak. Apakah berada di garis yang sama atau pindah ke garis lain. Saya pun setuju bahwa imajinasi membuat hidup lebih berwarna dan bermakna. Tak jarang banyak orang bisa menghasilkan sesuatu dari imajinasinya. Namun adakah seseorang yang tidak bisa berimajinasi? Dan adakah orang seperti Squidward yang takut, menghindar, dan memusuhi imajinasi? Akan seperti apakah dunia ini bila manusia tidak bisa berimajinasi?

    Fidayanti Afrilia Putri
    P.IPS B 2013 (4915133422)

    BalasHapus
  24. Maulida Nurul Atikah
    PIPS Reguler B 2013
    4915137155

    benar sekali apabila yang bapak katakan kalau imajinasi itu sangat penting. ilmu saja tidak selamanya benar dan belum tentu benar. imajinasi memang kerap diremehkan karna keberadaannya yang mungkin atas dasar keasalan dari diri seseorang yang sedang menghayal maka sering timbul pula imajinasi yang datang dengan tiba-tiba. banyak para ahli dan ilmuan yang berawal dari mimpi atau imajinasi yang mereka pikirkan kemudian mereka lakukan dengan tindakan ataupun eksperimen-eksperimen yang nyata. dan tidak sedikit dari mereka yang sukses dan berhasil akan imajinasi tersebut.

    pertanyaan:
    1. dari manakan asal imajinasi?
    2. siapakah orang yang menemukan kata 'imajinasi'?
    3. bagaimanakah imajinasi pada orang dewasa?
    4. apakah imajinasi hanya aktif pada saat kanak-kanak?

    BalasHapus
  25. INTAN BAHRIANI KHAER
    4915131391
    PIPS A 2013
    (Kotak SpongeBob)
    Saya sangat sependapat dengan tulisan bapak. Imajinasi yang menghidupkan manusia, imajinasi pula yang menggerakan inovasi dan penemuan. Tanpa imajinasi, manusia hanya seoggok daging berisi kentut yang tidak berfikir makanan apa yang harus dimakan agar menhasilkan kentut yang harum. Tetapi imajinasi pula yang melahirkan koruptor, maling, copet, dan pengacau. Mereka berimajinasi untuk mendapat keuntungan dengan cara cepat, kepentingan dirinya menjadi nomer paling atas tidak peduli siapa dan berapa banyak yang dirugikan. Manusia sulit dipisahkan dari hal negatif, pasti ada perasaan ingin menyimpang karena menyimpang dirasa jalan cepat dan praktis. Imajinasi banyak disalahartikan oleh oknum tak bermoral, Betindak praktis dengan hasil menakjubkan, tanpa usaha yang menguras keringat. Seperti berimajinasi tanpa karya, cipta dan rasa.

    Pertanyaan:
    1. Adakah hal yang mampu membimbing manusia untuk berimajinasi secara positif?
    2. Mengapa pendidikan formal tidak membebaskan siswanya untuk berimajinasi dalam proses KMB?
    3. Apakah ada orang yang sukses tanpa melakukan suatu imajinasi?

    BalasHapus
  26. Yurida Adlani
    4915133397
    P.IPS REGULER B 2013

    Yaa memang, tokoh kartun yang satu ini memang identic dengan imajinasinya yang tinggi dan bahkan kurang dan jauh dari kemasukakalan. Sponge bob dan patric adalah sepasang sahabat yang sama-sama konyol dan lucu.
    Kebiasaan mereka dalam berimajinasi memang patut ditiru. Memang imajinasi terkadang dinilai tidak masuk akal dan telalu lebay. Namun, siapa sangka imajinasi sangatlah penting. Terlebih lagi banyak penemuan-penemuan yang hadir sebagai akibat dari imajinasi.
    Namun, kini justru banyak sekali yang mengabaikan pentingya berimajinasi. Kebiasaan yang dilakukan justru cenderung kaku, sesuai jadwal dan tidak alami. Hal tersebut juga bisa terjadi pada para pelajar sebagai akibat dari cetakan-cetakan dari para pengajar yang kaku, galak dan bahkan senioritas. Pengalaman yang sering saya alami adalah siswa cenderung lebih tegang apabila guru kaku dalam mengajar. Jika dalam proses petransferan ilmu siswa merasa tegang, maka siswa tidak akan pernah dapat apa itu yang namanya ilmu.
    Pertanyaan :
    Adakah pelajaran yang mengajarkan kita untuk berimajinasi ?
    Mengapa para pengajar yang kaku dalam mengajar mempengaruhi besarnya ilmu yang dapat masuk ke pikiran siswa ?
    Mengapa pola pikir orang pada zaman sekarang lebih cenderung kaku ? apa saja penyebabnya ?

    BalasHapus
  27. Devy Novianti
    P.IPS Reguler B
    4915133402
    Imajinasi muncul dari alam bawah sadar. Imajinasi juga tidak bisa kita paksakan. Terkadang imajinasi datang begitu saja tanpa kita jemput dan mudah pergi begitu saja. Imajinasi identik dengan hal-hal yang wah, brilian, dan spektakuler. Imajinasi berkaitan erat dengan kekuatan pikiran. Jika imajinasi kita kuat maka karya yang kita hasilkan akan sangat memuaskan, namun sebaliknya jika imajinasi kita rendah maka karya yang kita hasilkan pun tidak akan memuaskan. Imajinasi membentuk pola pikir kita. Orang yang sering berimajinasi hidupnya akan penuh warna karena pola pikir mereka selalu di pakai, berjalan, terus di asah dan menghasilkan kekuatan-kekuatan yang positif.
    Mengapa banyak orang yang statis atau jalan di tempat tidak menggunakan imajinasinya di dalam kehidupannya? Apa karena pola pikir mereka yang salah? Bagaimana menciptakan imajinasi disaat kita sadar? Bisakah imajinasi dipaksakan mucul?

    BalasHapus
  28. Titin Watini
    P.IPS B 2013

    imajinasi memanglah penting untuk kehidupan, tetapi banyak manusia yang tidak berani untuk berimajinasi karena mereka hanya ingin berada pada zona aman dan hanya berfikir bahwa zona aman itu aman, namun ada orang yang sering berimajinasi tetapi tak ada aksi untuk menyalurkan imajinasi itu menjadi nyata karena terkadang kita berfikir bahwa imajinasi kita sangatlah sulit untuk di jalankan. di kutip dari tulisan kotak sponge bob "untuk di laksanakan Para penguasa yang biasanya mati rasa, tak brani untuk keluar dari tempurung kebiasaan, menggunakan copy paste dalam perumusan kebijakan publik" begitu pula halnya dengan pemerintah atau penguasa merekapun takut untuk berimajinasi dan alhasil mereka hanya menggunakan kebijakan kebijakan lama, pemerintah/penguasa tidak berani untuk mengambil kebijakan baru untuk menangani permasalahan-permasalah yang terjadi, lalu bagaimana agar kita mudah untuk berimajinasi ? terkadang kita berimajinasi namun sangatlah sulit untuk mengembangkan imajinasi tersebut lalu bagaimana cara mengembangkan imajinasi tersebut menjadi nyata ? dan terkadang kita takut untuk berimajinasi dan hanya ingin berada pada zona aman lalu bagaimana cara menghindari hal tersebut ? lalu bagaimana agar penguasa atau pemerintah berani untuk mengembangkan imajinasinnya dan tidak mengcopypaste dengan kebijakan lama untuk menatasi pemasalahan yang ada di negeri ini ?

    BalasHapus
  29. AGINDA NABILA PUTRI YUDIA
    4915131408
    P.IPS A 2013

    Imajinasi memang sangat diperlukan dalam diri seorang manusia, karena dengan imajinasi dapat meningkatkan kreatifitas kita dalam suatu menjalankan tugas atau pun pekerjaan.

    1. Bagaimana cara menumbuhkan imajinasi seperti halnya spongebob dan patrick kepada anak-anak zaman sekarang?
    2. Adakah imajinasi yang membuat seseorang itu merasa sedih dan murung?
    3. Bagaimana hasil yang dapat diperoleh dengan imajinasi?

    BalasHapus
  30. Nama : Marsella Dwi Rahmah
    NIM : 4915131394

    Tokoh squidward dalam tulisan bapak yang berjudul "kotak sponge bob" ini memang sangat mendominasi tokoh atau karakteristik sebagian banyak orang. Banyak orang yang takut untuk melakukan perubahan, takut untuk mencoba sesuatu yang baru, takut untuk berimajinasi dan mudah puas dengan apa yg telah didapatkan. padahal dengan berimajinasi kita dapat menciptakan hal-hal yang baru, apalagi Allah menciptakan manusia dengan kelebihan yang berbeda dengan makhluk ciptaan lainnya yang seharusnya digunakan untuk mengeksplor bakat yang dimiliki oleh setiap individu. Hidup yang baik itu adalah dinamis bukan statis. karena setiap manusia pasti mengalami perubahan. orang yang hidupnya statis adalah orang yang akan tertinggal dan merupakan orang yang rugi.
    Intinya, berimajinasilah jangan takut untuk bereksperimen melakukan hal-hal baru, jangan mudah puas dengan apa yang telah didapatkan.

    1. Apa yang membuat orang takut berimajinasi?
    2. bagaimana cara agar sikap seperti squidward tidak ditiru oleh banyak orang?
    3. apakah setiap imajinasi akan menimbulkan suatu penemuan atau karya?

    BalasHapus
  31. Nama : Marsella Dwi Rahmah
    NIM : 4915131394

    Tokoh squidward dalam tulisan bapak yang berjudul "kotak sponge bob" ini memang sangat mendominasi tokoh atau karakteristik sebagian banyak orang. Banyak orang yang takut untuk melakukan perubahan, takut untuk mencoba sesuatu yang baru, takut untuk berimajinasi dan mudah puas dengan apa yg telah didapatkan. padahal dengan berimajinasi kita dapat menciptakan hal-hal yang baru, apalagi Allah menciptakan manusia dengan kelebihan yang berbeda dengan makhluk ciptaan lainnya yang seharusnya digunakan untuk mengeksplor bakat yang dimiliki oleh setiap individu. Hidup yang baik itu adalah dinamis bukan statis. karena setiap manusia pasti mengalami perubahan. orang yang hidupnya statis adalah orang yang akan tertinggal dan merupakan orang yang rugi.
    Intinya, berimajinasilah jangan takut untuk bereksperimen melakukan hal-hal baru, jangan mudah puas dengan apa yang telah didapatkan.

    1. Apa yang membuat orang takut berimajinasi?
    2. bagaimana cara agar sikap seperti squidward tidak ditiru oleh banyak orang?
    3. apakah setiap imajinasi akan menimbulkan suatu penemuan atau karya?

    BalasHapus
  32. Adinda
    4915131389
    P.IPS A 2013
    Dalam tulisan bapak berjudul “Kotak Sponge Bob” ini menjelaskan bahwa berimajinasi itu sangat penting. Imajinasi itu butuh sebuah keberanian jika tidak hanya akan menjadi mimpi belaka. Sebagai contoh lihat bagaimana keberanian itu ada pada masa sebelum kemerdekaan rakyat indonesia. Keadaan yang terhimpit dan kesengsaraan melahirkan perlawanan dari para pejuang indonesia. Menciptakan imajinasi bahwa indonesia harus merdeka! Seruan itu selalu berkumandang di mulut para rakyat. Pemuda dibakar api semangat untuk merdeka, ikut serta dalam memerdekakan indonesia saat peristiwa rengasdengklok. Bagaimana pemuda bersikukuh untuk memerdekakan indonesia tanpa campur tangan bangsa lain. Pemuda itu dengan keberanian tinggi menculik ir soekarno, moh hatta, dan ahmad soebarjo untuk menjauhi pemikiran mereka yang terbelenggu dengan mimpi yang diberi oleh jepang. Namun, lihat bagaimana beberapa pemuda zaman sekarang yang cenderung kapitalisme dan teknologi yang serba canggih yang mengurung mereka dari imajinasi. Pemuda terlalu asik dengan fantasi yang serba instan. Mengukur sesuatu melalui kekuasaan, dan uang. Pepimpin meraup pundi-pundi uang yang berlimpah ruah. Berbagai kinerja yang dianggap tidak biasa juga tidak didukung oleh manusianya. Mereka hanya merongrong dan menuntut penuntasan segera. Bagaimana pendidikan yang tak kuasa menahan gejolak yang dihadiahkan beberapa tekanan dari berbagai faktor yang lebih mementingkan hal lain. Disinilah seharusnya imajinasi harus hadir mengisi. Karena imajinasi dapat menciptakan sesuatu yang luar biasa. Keluarlah dari zona amanmu. Karena itu hanya akan membuat kita berdiam diri di tempat dan tidak ada pembaharuan.
    1. Apa yang dapat mempengaruhi imajinasi seseorang berbeda-beda?
    2. Apa yang menyebabkan orang-orang zaman dahulu memiliki keberanian untuk berimajinasi dan melakukan aksi nya sedangkan saat ini keberanian berimajinasi itu mengendur?
    3. Apakah orang yang berimajinasi selalu menciptakan hasil yang positif ? jika ada sisi negatifnya akan kah nanti ada batas untuk orang berimajinasi?

    BalasHapus
  33. Irma Lutfiana (4915131378)
    PIPS A 2013

    Pada dasarnya tulisan Kotak Sponge Bob ini masih berkaitan dengan tulisan Pak Nusa yang berjudul sudi, bahwa dalam hidup kita perlu berimajinasi. Dengan berimajinasi kita dapat menumbuh kembangkan rasa ingin tahu dan bersikap kritis. Rasa berimajinasi juga harus ditanamkan ketika kita sedang berada di ruang kelas, ketika kita sedang belajar. Bukan hanya di luar ruang kelas. Karena daya imajinasi yang dapat membawa kita keluar dari zona aman. Memang betul kata Pak Nusa tadi bahwa kebanyakan kita masih mendominasi cara berfikir Squidward yang mengurung cara berfikirnya pada sisi bawah belahan otak kirinya. Hidupnya datar, statis, dan hanya disitu saja.

    1. Apa maksud pernyataan bapak bahwa tanpa imajinasi kita mati suri?
    2. Apakah imajinasi sama dengan kita bermimpi?
    3. Jika saya masih memiliki cara berfikir yang sama dengan Squidward, bagaimana cara mengatasinya?
    4. Dari pernyataan bapak yang ini “Ia suka bertanya untuk kepastian, tak pernah mempertanyakan.” Lalu apa bedanya bertanya dengan mempertanyakan?

    BalasHapus
  34. Nama : Rizky Rachmawati
    Nim : 4915131381
    Kelas : p.ips A 2013
    Sangat setuju dengan tulisan bapak. Berimajinasi salah satu cara agar kita tahu bagaimana rasanya ketika bukan menjadi diri kita sendiri. Ketika kita beimajinasi pasti kita mengharapkan suatu yang sangat menyenangkan dan seru. Nah! Ketika sedang berimajinasikannya tentu kita membayangkan menjadi orang lain, disitu kita dapat mengekspresikan wajah kita, bahasa,dan gaya hidup orang yang kita bayangkan. Jika kita mampu mengekspresikannya tentu kita akan mudah untuk membayangkannya. Seorang yang tidak ingin melakukan imajinasi tentu tidak akan berani dalam menunjukan kemampuan yang dimiliki. Pasti kita tidak ingin hidup dalam keadaan statis kan? Maka dari itu kita harus berani berimajinasi. Membayangkan hal apa saja yang dapat melatih kemampuan kita. Hidup keluar dari zona aman memang perlu, supaya kita tidak bosan berada dalam keadann yang hanya itu saja.
    Pertanyaannya:
    1. Bagaimana caranya agar kita mampu keluar dari zona aman?
    2. Apakah berimajinasi dapat menjadikan dikehidupan nyata?
    3. Dalam tulisan ini apakah ada hubungannya dengan kebenaran ilmu dalam filsafat?

    BalasHapus
  35. Ajeng Nur Aryani
    P.IPS A
    Menurut saya berimajinasi itu sangat penting sekali bagi kita yang masih mudah contohnya saya saya seri g sekali berimajinasi dengan hal-hal yang dianggap aneh bagi teman-teman saya. Berimajinansi juga dapat membantu fungsi otak kita yang tadinya monoton itu-itu saja bisa berkembang dan merefresh ke hal-hal yang baru. Imajinasi juga dapat membantu seseorang menemukan hal-hal baru yang belum pernah otang lain lakukan. Berimajinasilah seperti apa yang kamu inginkan sebab, imajinasi membantu kita dalam berkarya dimasa tang akan datang.
    Pertanyaan :
    1. Apakah imajinasi bermacam-macam?
    2. Apa binatang dapat berimajinasi juga?
    3. Mengapa berimajinasi itu enak sekali?

    BalasHapus
  36. Nama : Nur Anisa Atmaja
    NIM :4915131383
    P.IPS A 2013

    Begitu mudahnya jika kita menjadi Squidward dalam keseharian kita, dan memang butuh proses untuk menjadi Spongebob ketika ada di ruang kelas. Berimajinasi merupakan suatu hal yang mudah ketika berada di luar kelas maupun saat mata pelajaran kosong. Padahal berimajinasi itu akan membawa kita kepada ilmu pengetahuan.
    1. Bagaimana bentuk imajinasi dalam ruang kelas?
    2. Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan Squidward dalam keseharian kita?
    3. Bagaimana cara agar menyeimbangkan antara otak kiri dan otak kanan?

    BalasHapus
  37. Yolla Rachmaan Ismatullah P. IPS B 2013
    Yang saya tangkap dari tulisan ini imajinasi menjadi modal pertama terwujudnya sebuah penemuan-penemuan baru. Imajinasi memang hanyalah sebuah hayalan yang bisa mungkin atau tidak mungkin untuk mewujudkannya. Benar apa yang di paparkan dalam tulisan ini rasanya konyol sekali berimajinasi apalagi untuk hal-hal yang dianggap tidak masuk akal. Kebanyakan orang sebenarnya ia memiliki jiwa yang kreatif namun terbentur dengan rasa takutnya yang pesimis dalam mewujudkannya. Padahal para ahli pun berawal dari berimajinasi dengan berandai-andai apa yang ia pikirkan. Namun, mereka berusaha keras untuk mewujudkannya dan mereka berhasil walaupun kegagalan dan cemoohan dari orang lain menjadi tantangannya. Pesan yang saya dapat mencoba berani keluar dari zona aman dan menjadi seseorang yang kreatif dengan imajinasi.
    mengapa orang harus berimajinasi?
    bagaimana kerja otak ketika kita sedang berimajinasi?
    bagaimana menumbuhkan sikap kreatif?

    BalasHapus
  38. Raka Rosadhi Putra
    P IPS 2013
    4915133412

    Memang benar imajijnasi itu lebih penting dari ilmu pengetahuan, karena terkadang ilmu pengetahuan itu lahir dariimajinasi itu sendiri. Untuk mendapatkan imajinasi kita harus berfikir bebas, berfikir seperti anak kecil. ada sebuah acara tv yang pernah saya tonton, ternyata anak kecil itu memiliki imajinasi yang lebih besar daripada orang dewasa, kenapa bisa begitu? Karena anak-anak itu "bebas" mereka tidak terlalu muluk-muluk dalam mengambil keputusan.

    1. Apakah orang yang berimajinasi harus berfikir seperti anak-anak? adakah cara lain untuk mengembangkan imajinasi?
    2. Jika kita berhasil mengembangkan imajinasi, apakah kita dapat merubah sistem yang ada?
    3. Apakah imajinasi ada pengelompokkannya?

    BalasHapus
  39. HIMAWAN WIGUNA
    P.IPS REG B 2013

    komentar saya tentang tulisan "KOTAK SPONGE BOB", semua hal yang ingin kita wujudkan pasti berawal dari imajinasi. imajinasi juga bisa merupakan motifasi kita. dengan imajinasi kita pasti akan mencoba untuk mewujudkannya, tetapi semua itu di dasari dengan usaha kerja keras dan imajinasi yang wajar.
    pertanyaan:
    1.mengapa orang yang jiwanya terganggu suka berimajinasi?
    2.apakah orang dewasa suka berimajinasi juga?
    3.apa perbedaan berimajinasi dan berkhayal?

    BalasHapus
  40. Rismawati Fadillah
    4915131412
    Kotak sponge bob
    Saya setuju dengan tulisan bapak yang membahas tentang imajinasi seseorang karena imajinasi sangat penting untuk menumbuhkan daya kretif. Tetapi imajinasi kadang diremehkan karena sering kali memunculkan ide-ide yang kurang masuk akal. Tetapi banyak juga para ilmuan yang berawal dari imajinasinya bisa memunculkan suatu ide yang sangat cemerlang dan kreatif sehingga kadang suatu imajinasi itu bisa diterima atau tidak tergantung bagaimana imajinasi itu bisa diwujudkan sesuai logika.
    Pertanyaan
    1. Darimanakah imajinasi itu berasal ?
    2. Pentingkah imajinasi bagi kehidupan manusia saat ini?
    3. Apakah semua imajinasi dapat diterima oleh orang banyak?

    BalasHapus
  41. SITI ALAWIYAH
    4915131385

    Saya setuju dengan tulisan ini, imajanisi yang membuat dunia mengalami perubahan dan kemajuan teknologi yang begitu tinggi. Imajinasi yang telah melahirkan banyak alat yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, seperti handphone, televisi, radio, google, i-pad, i-phone dan lain-lain. Semua hasil imajinasi memudahkan manusia zaman sekarang dalam menjalankan kehidupannya. Terkadang imajinasi yang unik dan aneh datang bukan pada orang yang sangat serius belajar tetapi pada anak yang nakal, bandel, yang kadang anak itu diremehkan oleh orang sekitarnya. Oleh karena itu kita sebagai anak muda jangan pernah takut untuk mencoba berimajinasi, bereksperimen dalam membuat hal apapun, jangan pernah menyerah bila karya kita gagal, bila gagal kita harus mencoba lagi dan sampai akhirnya karya dikenal dan diakui banyak orang. Jadi jangan pernah takut untuk Berimajinasi.

    1. Mengapa anak muda harus berimajinasi?
    2. Bagaimana menumbuhkan imajinasi dalam diri kita?
    3. Apakah setiap manusia dapat berimajinasi?
    4. Saat usia berapa imajinasi dapat berjalan dengan baik?
    5. Apakah orangtua dapat berimajinasi?

    BalasHapus
  42. NAMA : FANNY FITRIYANI
    NIM : 4915131376
    P.IPS A 2013

    Dari tulisan ini, kita dapat mengetahui bahwa berimajinasi dapat membuat hidup kita lebih berwarna. Berkat imajinasi, setiap orang dapat menciptakan sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya. Namun, setiap orang tentu memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda seperti spongebob dan squid ward yang mempunyai watak bertolak belakang. Tanpa imajinasi, hidup ini akan terasa sangat datar.
    Pertanyaan :
    1. Adakah manusia yang tidak pernah berimajinasi?
    2. Apakah imajinasi bisa membuat orang menjadi gila?
    3. Siapakan orang yang pertama kali berimajinasi/

    BalasHapus
  43. Nama : Selvi Indriani
    No.reg : 4915131405
    P.IPS A 2013
    Menurut imajinasi itu sangat penting bagi kehidupan karna banyak orang yang bilang hidyup itu berawal dari mimpi , jika kita mempunyai mimpi-mimpi pastilah kita berusaha terus untuk mengejarnya , bayangkan kita tidak tidak mempunyai mimpi sama sekali pastilh hidup kita akan datar atau bahasa sekarangnya flat . maka dari itu bermimpilah setinggi mungkin agar kita bisa menjalani hidup kita dengan penuh semangat penuh mimpi , karena imajinasi dapat melahirkan kreativitas atau bakat yang kita miliki .
    1. Sebesar apa kekuatan imajinasi itu ?
    2. Apakah orang dapat menjadi gila karena kebanyakan imajinasi ?
    3. Apakah imajinasi seseorang sangat berpengaruh dalam kehidupan seseorang

    BalasHapus
  44. Fani Novi Alvianta
    4915133411
    P.IPS Reg B 2013

    Imjinasi sebenarnya memang sangat diperlukan. Karena dari imajinasilah orang banyak mengeluarkan kreativitas mereka. Banyak karya yang tercipta dari imajinasi. Namun pada zaman ini, imajinaasi telah banyak ditinggalkan. Manusia justru lebih mengutamakan hal-hal yang pasti, seperti segala sesuatunya telah disusun dan terencana dari awal. Tidak ada imajinasi yang mendominasinya. Seharusnya di zaman yang semakin canggih ini, imajinasi seharusnya semakin dikembangkan untuk membantu kemajuan teknologi, komunikasi, ekonomi, dan lain-lain.

    1. Bagaimana cara agar kita mampu berimajinasi dan keluar dari hal-hal yang biasa ?
    2. Bagaimana cara mengubah pandangan orang agar mampu mengekspresikan imajinasi yang mereka miliki ?

    3. Mengapa imajinasi sekarang ditinggalkan banyak orang, dan mereka lebih memilih berada di zona aman?

    BalasHapus
  45. Nama : Nur Cholis A.S
    P.IPS B 2013
    NIM :4915137156
    Imajinasi adalah suatu hal yang sangat menyenangkan,jika kita tidak memilikinya mungkin hidup ini akan terasa sangat datar dan hambar,bahkan kita akan seperti batu yang hanya mampu terdiam disaat banyak hal yang terus bergerak,tiada hari tanpa imajinasi sangatlah tidak menyenangkan.Kehebatan imajinasi telah terbuhti sejak zaman dahulu kala,seperti saat munculnya dua bersaudara yang memiliki pemikiran yang gila tantang manusia yang dapat melayang diudara,mereka adalah wrights bersaudara yang mampu menciptakan pesawat pertama karena mengikuti imajinasi dan jalan fikirannya,berimajinasilah seluas mungkin hingga kamu merasakan indahnya kehidupan.Sungguh indah ciptaan tuhan dengan segala kelebihan yang diberikan kepada kita.Mengenai pendidikan di Indonesia,memang terasa biasa saja dan mungkin belum menunjukan kemajuan yang signifikan.Dengan banyaknya biaya yang digelontorkan pemerintah untuk memacu pendidikan di Indonesia diharapkan pendidikan semakin membaik untuk masa depan negeri ini,namun system pendidikannyalah yang mungkin salah hingga semua terasa sia-sia,kebanyakan para pendidik saat ini hanyalah sekedar member ilmu tanpa mendidik,hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian selama ini.Banyak pula orang yang bekerja sebagai pendidik tidak sesuai dengan kemampuannya sehingga peserta didik kurang memahami apa yang dipelajarinya.Profesi sebagai penngajar pun seolah menjadi profesi yang bias dilakukan siapa saja.Dengan pembenahan yang baik dan tepat sasaran ditambah imajinasi dengan pendidikan diharapkan pendidikan lebih berwarna dan dapat menarik minat tunas muda dan banyak masyarakat lainnya untuk mulai belajar hingga mereka berpendidikan,sehingga Indonesia benar-benar memiliki bekal untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.Dengan demikian para petinggi yang banyak melakukan kesalahan dan bahkan korupsi dapat berkurang dimasa depan dengan semakin baiknya ilmu,pendidikan,dan imajinasi terbaik.
    1.Sejauh mana imajinasi berperan dalam hidup kita ?
    2.Apakah imajinasi mampu menggapai apa yang seharusnya tidak tercapai ?
    3.Jika imajinasi termasuk dalam pola fikir manusia ,apakah imajinasi itu terbatas ?

    BalasHapus
  46. Nama saya Anzani Mutiara dari kelas P.IPS A 2013. Berdasarkan tulisan bapak yang berjudul Kotak Sponge Bob, saya setuju bahwa imajinasi telah menciptakan banyak hal. Imajinasi yang telah membuat alat komunikasi jarak jauh seperti Handphone, imanjinasi yang telah membuat computer yang sekarang ini semakin canggih. Tanpa imajinasi mungkin hidup kita akan datar, kehidupan yang teratur menambah kejenuhan dalam hidup kita, diam dan hanya mengulang kekehidupan tidaklah membuat kita belajar bagaimana hidup yang sesungguhnya. Imajinasi membantu kita untuk melakukan cara agar bisa menemukan hal-hal yang baru. Menurut saya kita memang seharusnya keluar dari zona aman, karena untuk melakukan hal-hal yang baru agar tidak diam di tempat.kita perlu untuk mengembangkan imajinasi agar hidup kita tidak mati suri

    1. Bagaimana caranya agar dapat mengembangkan imajinasi kita agar tidak mati ?
    2. Apakah dengan imajinasi kita dapat menemukan inovasi baru ?
    3. Apakah ada cara untuk meningkatkan imajinasi kit agar terus berkembang ?

    BalasHapus
  47. Nama : Nur Cholis A.S
    P.IPS B 2013
    NIM :4915137156
    Imajinasi adalah suatu hal yang sangat menyenangkan,jika kita tidak memilikinya mungkin hidup ini akan terasa sangat datar dan hambar,bahkan kita akan seperti batu yang hanya mampu terdiam disaat banyak hal yang terus bergerak,tiada hari tanpa imajinasi sangatlah tidak menyenangkan.Kehebatan imajinasi telah terbuhti sejak zaman dahulu kala,seperti saat munculnya dua bersaudara yang memiliki pemikiran yang gila tantang manusia yang dapat melayang diudara,mereka adalah wrights bersaudara yang mampu menciptakan pesawat pertama karena mengikuti imajinasi dan jalan fikirannya,berimajinasilah seluas mungkin hingga kamu merasakan indahnya kehidupan.Sungguh indah ciptaan tuhan dengan segala kelebihan yang diberikan kepada kita.Mengenai pendidikan di Indonesia,memang terasa biasa saja dan mungkin belum menunjukan kemajuan yang signifikan.Dengan banyaknya biaya yang digelontorkan pemerintah untuk memacu pendidikan di Indonesia diharapkan pendidikan semakin membaik untuk masa depan negeri ini,namun system pendidikannyalah yang mungkin salah hingga semua terasa sia-sia,kebanyakan para pendidik saat ini hanyalah sekedar member ilmu tanpa mendidik,hal inilah yang seharusnya menjadi perhatian selama ini.Banyak pula orang yang bekerja sebagai pendidik tidak sesuai dengan kemampuannya sehingga peserta didik kurang memahami apa yang dipelajarinya.Profesi sebagai penngajar pun seolah menjadi profesi yang bias dilakukan siapa saja.Dengan pembenahan yang baik dan tepat sasaran ditambah imajinasi dengan pendidikan diharapkan pendidikan lebih berwarna dan dapat menarik minat tunas muda dan banyak masyarakat lainnya untuk mulai belajar hingga mereka berpendidikan,sehingga Indonesia benar-benar memiliki bekal untuk menyongsong masa depan yang lebih baik.Dengan demikian para petinggi yang banyak melakukan kesalahan dan bahkan korupsi dapat berkurang dimasa depan dengan semakin baiknya ilmu,pendidikan,dan imajinasi terbaik.
    1.Sejauh mana imajinasi berperan dalam hidup kita ?
    2.Apakah imajinasi mampu menggapai apa yang seharusnya tidak tercapai ?
    3.Jika imajinasi termasuk dalam pola fikir manusia ,apakah imajinasi itu terbatas ?

    BalasHapus
  48. assalmualaikum warohmatulohi wabarokatuh
    nur muhammad
    p.ips b 2013

    imajinasi
    berkata imajinasi orang jepang sepertinya pandai dalam berimajinasi.
    padahal setiap manusia bebas akan berimajinasi kapan pun,karena membuat kita lebih berpikir ke depan dan keluar dari zona nyaman saat ini akan tetapi masih banyak yang akan takut berimajinasi layak nya seperti squidword jarang sekali yang seperti spongebob dan patrick.

    1.kenapa manusia takut akan berimajinasi?
    2. apakah imajinasi itu hal yang bodoh dan tidak masuk akal?
    3. kapan kah kita dapat mewujudkan imajinasi tersebut?

    BalasHapus
  49. SITI CHADIJAH
    P.IPS B 2013


    Setiap orang bebas beimajinasi. Beberapa orang tidak berimajinasi, padahal berimajinasi sangat mengasyikan apalagi jika kita bisa merealisikan imajinasi tersebut dan jika imajinasi yang direalisasika tersebut sangat berguna untuk orang banyak, ada rasa keterpuasan tersendiri. Banyak orang yang tidak merealisasikan imajinasi tersebut karena takut akan keluar dari zona aman mereka. Sebenarnya jika mereka bisa keluar dari zona aman mereka, mereka bisa menambah pengalaman mereka.

    1. Bagaimana cara agar orang mau berimajinasi?
    2. Bagaimana cara agar orang keluar dari tempurung zona aman mereka?
    3. Apakah dengan berimajinasi kita bisa mengubah Indonesia saat ini? Bagaimana caranya?

    BalasHapus
  50. Nama : Septi dwi Ambarwati
    NIM : 4915131371
    P.IPS A 2013
    Saya pribadi sangat setuju dengan tulisan bapak yang berjudul “Kotak Sponge Bob”. Alangkah bodohnya manusia yang dilahirkan di dunia kalau tidak berimajinasi. Seseorang akan menggapai cita-citanya, mempersiapkan masa depannya, dan meraih apa yang diinginkannya tentu dengan imajinasi. Berimajinasi bukan perbuatan dosa tetapi memang dibutuhkan. Contohnya seorang perancang busana atau desainer, arsitek, pakar kecantikan, otomatif, elektronik bahkan seorang negarawan pun butuh berimajinasi. Jadi, orang yang tidak pernah berimajinasi adalah orang yang gagal dalam kehidupannya. Orang yang tidak pernah menikmati kehidupannya.
    Pertanyaan :
    1. Setujukah bapak bahwa imajinasi itu sama dengan mimpi? Karena seperti yang pernah saya dengar, ada orang yang mengatakan bahwa “Bermimpilah untuk meraih cita-citamu”.
    2. Bapak yang sekarang telah menjadi dosen di UNJ, bahkan dengan gelar Doktor, apakah itu berawal dari berimajinasi atau hanya kebetulan?
    3. Apakah semua orang sukses itu harus berimajinasi?

    BalasHapus
  51. SITI MARIA ULPAH/4915131401/P.IPS A 2013

    Seperti berkaca saja ketika membaca tulisan ini..... Malu benar karena sesungguhnya saya ada dalam posisi Squdward. Seorang yang hidupnya sudah terjadwal dari waktu ke waktu. Semua sudah terencana, terukur, terangkai dalam pikiran. Imajinasi hanya digunakan ketika membayangkan seseorang yang ada dalam kehidupan, digunakan untuk mengkhayal. Ingin rasanya terbang bebas, melihat dunia yang begitu luas, berimajinasi dengan keadaan yang ada.Tapi saya belum pernah mencoba, belum berani untuk keluar dari zona nyaman. Pertanyaan:
    1. Bagaimana agar saya mampu keluar dari zona nyaman saya dan berani berimajinasi?
    2. Apakah selamanya imajinasi itu lebih baik dari logika yang sudah tersusun rapi?
    3. Anak muda penuh dengan mimpi besar, bagaimana kaitan antara mimpi, imajinasi dan kenyataan agar tidak menjadi khayalan semata?

    BalasHapus
  52. DINNY MAYANGSARI
    4915137150
    P.IPS B 2013

    Berimajinasi sangatlah penting. Karena berimajinasi bisa menguntungkan hidup. Membawa manfaat. Misalnya para pelukis, para arsitektur, awalnya mereka berimajinasi semata. Memikirkan sesuatu, membiarkan khayalannya terbang jauh mengawang. Tetapi mereka mempunyai usaha agar imajinasi mereka itu tidak hanya imajinasi semata. Mereka menjadikan imajinasi mereka menjadi nyata dengan cara masing-masing. Berimajinasi juga membuat seseorang keluar dari zona nyaman serta aman. Mereka lebih memiliki berbagai pengalaman yang menarik daripada mereka yang takut berimajinasi dan tidak mau keluar dari zona aman nyamannya. Berimajinasi juga membuat seseorang menjadi bertambah wawasan karena mereka akan mencari tahu dan mencoba apakah imajinasi mereka bisa menjadi nyata atau tidak.

    Pertanyaan :
    1. Apakah orang gila sama halnya seperti orang waras jika dalam hal berimajinasi? Karena sesungguhnya ketika kita berimajinasi, kita sering membayangkan hal-hal yang tidak mungkin. Mungkin ya bedanya orang gila tidak mencari tahu atau mencoba menjadikan imajinasinya menjadi nyata seperti kita orang yang waras akalnya.
    2. Ketika kita berimajinasi berarti kita sedang meninggalkan dunia nyata dan mulai berfantasi dengan pikiran khayalan kita. Ketika kita terlalu asyik dengan dunia imajinasi kita apakah hal itu bisa membuat diri kita menjadi kurang konsentrasi dengan dunia nyata?
    3. Ketika kita sedang berimajinasi, maka seolah kita ikut serta didalamnya. Seolah kita memang hidup disana. Lalu, akankah sebuah kegiatan berimajinasi merusak akal sehat manusia?

    BalasHapus
  53. Arlietha Nofeliza (4915131392) Pendidikan IPS A 2013
    Saya sangat setuju bahwa adanya imajinasi sangat diperlukan dalam hidup. Karena dengan berimajinasi, bisa saja imajinasi kita bisa terwujud dalam kenyataan sesungguhnya. Saya rasa memang diperlukan. Karena sesuatu yang tidak mungkin terjadi dalam hidup kita, tetapi dengan berimajinasi bisa saja hal itu bisa terjadi. Dengan berimajinasi juga kita bisa membayagkan tantangan yang tak mungkin kita lewati menajadi terlewat, dan dengan imajinasi juga bisa menghasilkan penemuan-penemuan baru dan kita menjadi termotivasi. Banyak sekali hal positif yang didapatkan dari kita berimajinasi. Tetapi bagaimana dengan imajinasi dengan hal yang buruk? Apakah itu merupakan hal yang salah? Lalu bagaimana sesungguhnya berimajinasi yang baik dan menghasilkan hal yang luar biasa?

    BalasHapus
  54. NAMA : TEGUH AJI PUTRA
    KELAS : P.IPS B 2013
    NIM : 4915133436

    Imajinasi yang kita mainkan pada pikiran kita dapat melakukan melakukan hal yang lebih hebat dari pada apa yang kita lihat di televisi. Dengan berimajinasi yang kita mainkan didalam pikiran kita, kita dapat membuat sebuah penemuan hebat yang sebelumnya mungkin mustahil untuk menjadi kenyataan. Tapi nyatanya sudah banyak hal-hal yang tadinya hanya sebuah imajinasi seseorang saja tapi dapat terwujud seiring dengan perkembangan zaman, dan hebatnya penemuan tersebut dapat mempermudah sebuah pekerjaan manusia, misalnya saja LISTRIK, orang pada masa lalu mungkin tidak berpikir untuk menemukan sebuah listrik apalagi menggunakannya, namun karena imajinasi dari seorang MICHAEL FARADAY ia bisa menemukan listrik dan hasil imajinasi dan temuannya tersebut dapat kita gunakan sampai saat ini.

    1. Apakah makhluk lain dapat berimajinasi ?
    2. Bagaimana cara membuat imajinasi kita dapat menjadi kenyataan dan berguna seperti imajinasi orang lain yang dapat pergi ke mars, menjelajahi bulan dll ?
    3. Mengapa berimajinasi lebih indah dari pada dunia nyata?

    BalasHapus
  55. Anggi Ratna Furi
    P.IPS REG B 2013
    saya setuju dengan tulisan ini. imajinasi adalah penggambaran atau gambaran. ketika kita mampu berimajinasi ada sebuah kehebatan didalamnya. i-phone tercipta juga karna adanya hasil dari imajinasi seseorang. ketika memang banyak orang takut berimajinasi, pasti ada satu dua orang mampu berimajinasi lalu dituangkan dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi banyak orang. namun bagaimana cara menghilangkan rasa takut berimajinasi atau memberanikan diri untuk berimajinasin? apakah makhluk lain selain manusia juga mampu berimajinasi ?

    BalasHapus
  56. gustiana restika
    P.IPS B 2013

    imajinasi bisa menjadi langkah awal untuk membuat sesuatu. imajinasi memang sangat di butuhkan untuk menghasilkan suatu karya. tapi disini muncul sebuah pertanyaan. apakah imajinasi itu mempunyai batas? imajinasi seperti apa yang bisa menghasilkan karya?
    mungkin imajinasi hanya identik untuk anak-anak. imajinasi yang dihasilkan anak-anak hanya imajinasi yang diperlukan untuk kesenangan diri seorang saja.
    mengapa banyak orang dewasa takut berimajinasi? sedangkan saat kita masih kecil kita sering bermain dengan imajinasi dan kita sangat kritis. tetapi semua itu memudar dengan bertambahnya umur. lalu ada pertanyaaan. apakah bertambahnya umur yang menyebabkan imajinasi memudar?

    BalasHapus
  57. APRI TRIWIBOWO
    P.IPS B 2013
    4915133396
    Suatu imajinasi memang diperlukan dalam hidup ini, dunia berubah gara-gara imjinasi orang-orang yang menciptakan sesuatu yang baru. Yang dianggap itu mustahil tapi akhirnya realistis. Apa jadinya jika orang tidak mempunyai imajinasi ? Ya mungkin akan mati suri. Mati secara perlahan-lahan dan akhirnya akan mati selamanya.
    1. Tapi apakah imajinasi itu selalu baik ?
    2. Bagaimana jika seseorang itu terlalu banyak berimajinasi ?
    3. Apakah para para penguasa takut untuk mencoba hal-hal yang baru ? mengapa ?

    BalasHapus
  58. Nama saya Ade Nika Oktavia P. Ips Reg. A 2013
    Didalam kotak spongebob tersebut dua sahabat yaitu spongebob dan patrick bergembira-riang berpetualang, bermain-main dalam kotaknya yang mampu mengimajinasi sesuatu yang membuat mereka bisa bersenang-senang. Ketika mereka sedang bermain imajinasi dalam kotaknya, squidward marah karena merasa terganggu dengan apa yang mereka lakukan. Karena rasa penasarannya akhirnya squidward masuk kedalam kotak spongebob yang penuh imajinasi itu tetapi squidward tidak mampu berimajinasi tinggi seperti spongebob dan patrick. Seperti Pada tulisan ini ; Bila ditinjau dengan teori kuadran otak dapat dikatakan bahwa Sponge Bob berani memanfaatkan sisi atas dan sisi bawah belahan otak kanannya, itu yang menyebabkan ia brani keluar dari tempurung kebiasaan. Berbeda dengan squidward. Dan menunjukan bahwa sebuah imajinasi seseorang itu berbeda-beda tergantung mereka berani mencoba atau tidak. Imajinasi membuat dunia penuh warna dan bermakna. Ada kegairahan dan tantangan, serta kegembiraan di dalammnya. Tetapi, mengapa banyak orang seperti Squidward, yang takut, menghindar, dan memusuhi imajinasi? Tidak semua orang seperti Sponge Bob dan Patrick yang berani berselancar dalam tsunami dahsyat imajinasi, menceburkan diri, tenggelam dan larut dalam gairah dan kegembiraannya. pada tulisan diatas bahwa setiap manusia itu mempunyai jiwa keberanian yang berbeda-beda. Ada sisi yang mampu berani dalam segala hal dan tidak takut apa yang terjadi atau bisa mengambil resiko dalam hidupnya. Dan juga mampu bertanggung jawab atas perbuatannya. Namun disisi lain ada orang yang seperti squidward, yang tidak mau mencoba sesuatu karena takut terjadi sesuatu yang buruk dalam dirinya. Dan tidak bisa mengembangkan otaknya dalam berfikir sesuatu yang baik makanya dapat mudah melakukan penyimpangan dalam hidupnya. Misalnya bisa kita liat pemimpin-pemimpin atau pejabat-pejabat di Negara kita saat ini dari seribu hanya satu yang mampu seperti spongebob dan patrick kebanyakan pemimpin kita itu berfikir seperti squidward.
    Apa pentingnya berimanjinasi dalam hidup ?
    Mengapa squidward tidak mampu berimajinasi seperti spongebob dan patrick ?
    Apakah banyak sosok pemimpin di Indonesia yang mempunyai sifat seperti squidward ?

    BalasHapus
  59. NAMA : DANIEL PRANATA
    P. IPS B 2013
    NIM : 4915133407

    Terkadang apa yang kita lihat belum tentu sesuai dengan apa yang kita pikirkan. Hal ini dapat terlihat pada kehidupan sehari-hari. Sebagai contohnya dalam hal ini adalah kondisi tubuh kita. Orang yang sehat terus mungkin terlihat tidak memiliki penyakit, tapi jika di bandingkan dengan orang yang terlihat pucat pasti semua orang akan berpikiran sama bahwa orang itu memiliki banyak penyakit. Padahal bisa saja orang yang terlihat sehat itu juga dalam tubuhnya sedang ada virus penyakit yang suatu saat akan membuat tubuhnya sakit, dan bisa saja orang yang terlihat pucak bukan karena memiliki banyak penyakit tetapi mungkin karena kurang banyak berolahraga serta kurangnya asupan gizi bagi tubuhnya. Dalam hal ini lah ketidaktahuan kita, kemampuan kita terbatas hanya dalam penglihatan saja tanpa bisa mengetahui hal pasti yang sedang atau mungkin akan terjadi.
    Pertanyaan :
    1. Apakah ketidaktahuan kita itu membawa suatu pengaruh dalam hidup ?
    2. Mengapa manusia memiliki keterbatasan dalam ketidaktahuannya ?
    3. Apakah mungkin suatu saat nanti ketidaktahuan kita akan berubah menjadi sesuatu yang baru ?

    BalasHapus
  60. Rina Listiawati
    4915131410
    P.IPS A 2013
    Imajinasi, sebuah kata yang sederhana, namun memiliki banyak makna. Imajinasi dapat mengembangkan kita dari cara berpikir biasa menjadi luar biasa, menganggap hal yang tidak mungkin menjadi hal yang mungkin. Mengembangkan ruang di otak kita dalam memaknai dan menggambarkan isi dunia, tanpa harus menjelajahi dan mengitari seluruh dunia. Namun, kebanyakan orang takut akan berimajinasi, seperti apa yang dikatakan oleh bapak, “gaya berfikir yang tidak linear, tapi menyamping yang mendorong orang untuk menyimpang.” Kata ‘menyimpang’ inilah yang sering dianggap negati oleh sebagian masyarakat, karena tidak sesuai dengan tradisi atau kebiasaan yang telah dijalankan oleh mereka selama ini. Padahal tak sedikit dari penemuan-penemuan baru yang canggih dan banyak digunakan oleh manusia sekarang berawal dari sebuah imajinasi yang iseng dan nyeleneh.
    Pertanyaan:
    1. Bagaimana sebuah imajinasi dapat dikembangkan agar bukan hanya sekedar menjadi impian tetapi kenyataan?
    2. Bagaimana cara mengubah pola pikir seseorang yang biasanya memandang sebelah mata akan khayalan dan imajinasi?
    3. Bagaimana menghilangkan kata menyimpang ketika berimajinasi, karena kata menyimpanglah yang seringkali menghentikan seseorang untuk berimajinasi dan mengkhayal lebih jauh?

    BalasHapus
  61. NAMA : FASSA FARHATUSSHOLIHAH PUTRI
    NIM : 4915131374
    P.IPS A REG 2013
    Saya setuju dengan tulisan bapak, karena kita selaku generasi muda harus pandai berimajinasi untuk kehidupan yang baik kedepannya. Didukung pula pada zaman sekarang sudah banyak teknologi yang canggih dan berkembang, maka kita harus pintar-pintar mencari titik kelebihan dan kelemehan yang ada di diri kita.

    1. Apakah semua makhluk hidup dapat berimajinasi?
    2. Apakah tidak boleh berimajinsai terlalu tinggi?
    3. Apakah ada hal yang memicu untuk orang berimajinasi?

    BalasHapus
  62. Aulia Komala (4915133428)
    P.IPS REG B 2013

    Tidak semua orang bisa dengan mudah mendapatkan dan mengembangkan imajinasi yang ada dalam pikirannya. Squidward adalah salah satu contoh yang tidak mudah bisa mengembangkan daya imajinasi yang dimilikinya. Orang-orang seperti Squidward ini biasanya mereka lebih baik menjalani hidup yang datar, aman, dan jelas arahnya dibandingkan menjalani kehidupan yang tak jelas, berwarna, dan berbahaya. Mereka takut untuk mengembangkan daya imajinasinya karena mereka tidak ingin jatuh kedalam kehidupan yang tak disukainya. Alasan lainnya adalah mereka trauma akan mencoba kehidupan yang dihiasi oleh imajinasi. Mereka pernah mencobanya tetapi gagal di tengah jalan dan hal ini lah yang membuat mereka lebih baik memilih jalan aman dibandingkan jalan tak aman.

    1. Bagaimana jika semua manusia tidak dapat mengembangkan imajinasinya?
    2. Mengapa dengan berimajinasi hidup menjadi lebih berwarna?
    3. Manfaat apa saja yang bisa dihasilkan langsung dengan berimajinasi?
    4. Apakah berimajinasi memiliki keterbatasan?
    5. Apakah daya imajinasi dari seorang anak kecil dengan orang yang sudah lanjut usia akan berbeda?

    BalasHapus
  63. nama: ilmiawan dwi yulianto
    no reg: 4915131370
    kelas: P.IPS.A 2013
    Saya setuju dengan tulisan pak nusa yang membahas tentang "imajinasi". imajinasi adalah daya pikir untuk membayangkan (dl angan-angan) atau menciptakan gambar (lukisan, karangan, dsb) kejadian berdasarkan kenyataan atau pengalaman seseorang dan,khayalan.
    Imajinasi juga lebih penting dari pengetahuan. Pengetahuan itu terbatas, sedangkan imajinasi meliputi seluruh dunia, merangsang kemajuan, melahirkan evolusi. imajinasi juga sangat bagus dan memikirkan angan angan yang ingin di capai, sehingga muncul lah imajinasi untuk masa depan, imajinasi pada teknologi, imajinasi tentang kehidupan, dan lain lain. oleh karena itu jangan pernah takut untuk mencoba berimajinasi.

    1. kenapa imajinasi sangat kuat untuk mencapai semuanya?
    2. bagaimana imanjinasi itu bener-bener tercapai?
    3. kenapa imajinasi itu berkembang pada usia muda dan tua?

    BalasHapus
  64. Nama : Suci Ramadhaniyati (4915133404)
    Kelas : P.IPS B 2013

    Assalamualaikum Pak Nusa. Menurut saya, benar seperti apa yang Bapak tuliskan dalam tulisan berjudul KOTAK SPONGEBOB ini. Saya pun kebetulan juga penggemar SPONGEBOB THE SERIES. Tiap-tiap episode yang saya tonton meskipun sering diulang-ulang tetapi selalu memiliki imajinasi yang tinggi. Menggambarkan apa yang selalu ada dalam pikiran Spongebob dan Patrick untuk mereka bereksplorasi dengan imajinasi. Terlepas dari kegiatan-kegiatan Spongebob yang penuh dengan imajinasi, kita sebagai makhluk yang nyata – bukan seperti Spongebb dan Patrick yang hanya ada di Bikini Buttom – seharusnya bisa berimajinasi yang lebih tinggi, atau bahkan kita bisa berimajinasi dengan sangat liar. Ironisnya, tak banyak dari kita yang memanfaatkan otak untuk berimaji yang dapat menghasilkan suatu-suatu karya yang belum pernah ditemukan oleh orang lain. Sangat disayangkan, otak kita yang berkapasitas tinggi ini, belum terpakai dengan maksimal. Banyak dari kita hanya hidup dengan linear, tanpa berani berimajinasi liar untuk meraih suatu ekspektasi yang spektakuler. Jujur saja, banyak dari kita hanya menggunakan imajinasi untuk sekedar mengkhayal, bukan untuk jadi bahan pertanyaan, bagaimana cara mewujudkannya dan merealistiskan apa yang telah dipikirkan. Imajinasi memang dapat menciptakan suatu ilmu atau karya-karya baru, tetapi itu hanya untuk orang-orang yang berhasil merealistiskan imaji mereka. Bagaimana dengan kita yang hanya duduk dengan kosong melompong lalu berimajinasi untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya? Pasti hasilnya akan nihil! Lalu bagaimana dengan kita yang ingin menjadi seorang yang dikenal banyak orang, tetapi tidak memiliki satu karya sekali pun? Mustahil sekali jika orang berimajinasi tanpa aksi yang pasti. Menurut saya, imajinasi itu sangat penting dari perspektif bidang apa pun. Ipa maupun ips membutuhkan imajinasi. Di dunia ini butuh imajinasi, karena imajinasi dapat melahirkan sebuah karya mutakir. Maka setelah kita berimajinasi, jangan lupa untuk mempertanyakan bagaimana langkah pasti untuk membuat imaji kita menjadi nyata. Atau tuangkan imajinasi kita ke dalam sebuah tulisan. Jujur, saya sangat senang berimajinasi, lalu setelahnya saya akan tuangkan imajinasi saya ke dalam sebuah tulisan. Setidaknya, ada sebuah karya yang tercipta dari hasil imajinasi saya.

    Pertanyaan :
    1. Bagaimana cara kerja imajinasi sehingga dapat melahirkan sebuah ilmu?
    2. Apa yang harus kita lakukan jika imajinasi kita terlalu liar sehingga tidak dapat terealisasi?
    3. Imajinasi itu berasal dari otak sebelah mana?

    BalasHapus
  65. Nama : Raras Elvinza
    No. Reg : 4915131395
    Jurusan : P.IPS Reg A

    Berimajinasi adalah hal yang mudah dilakukan semua orang. Berimajinasi adalah hal yang sangat seru dan mengasyikkan, karena dapat membawa kita ke dalam hal-hal yang semuanya kita inginkan. Di dalam cerita tersebut juga mengandung pesan kecil berupa pentingnya imajinasi. Melahirkan imajinasi tidaklah mudah, kita harus bisa berinovasi serta tidak takut dengan segala hal yang baru.

    Pertanyaan:
    1.Apa yang melandasi seseorang dapat berimajinasi?
    2.Apakah dalam berimajinasi, seseorang tak pernah menjadikan imajinasinya sebagai hasil atau ciptaan?
    3.Bagaimana cara membuat seseorang agar tidak takut dalam berimajinasi?

    BalasHapus
  66. Ilham Pamungkas
    4915133444
    Pendidikan IPS B

    Imajinasi menuntun kita menjadi pribadi yang berbeda dengan orang lain, mulai pola pikir, keseharian, hingga dalam bertindak. Tak sedikit penemuan – penemuan yang mutakhir (muncul) adanya di sebabkan imajinasi yang sangat besar dari sang penemu tersebut, sebut saja thomas alfa edison yang berimajinasi menjadikan dunia ini terang benderang.

    1. Mengapa imajinasi membuat seseorang merasa berbeda?
    2. Termasuk imajinasikah ketika seseorang mengandai-andaikan sesuatu adanya?
    3. Berbedakah pola imajinasi orang dewasa dengan anak-anak?

    BalasHapus
  67. Nurul Ramadhita P. W
    4915133415
    P. IPS Reg B 2013
    Tulisan ini memang menggambarkan kondisi masyarakat Indonesia yang sesungguhnya, khususnya pada sistem pemerintahan yang ada saat ini. Namun, menurut saya tidak selalu imajinasi yang mendominasi pikiran manusia, ada kalanya ilmu pengetahuan lah yang harus lebih dominan. Karena tidak semua hal bisa kita lakukan hanya dengan menggunakan imajinasi dan sedikit ilmu pengetahuan. Dan tidak semua orang bisa menggunakan imajinasinya dengan baik atau menghasilkan sesuatu yang lebih baik dengan imajinasi, karena imajinasi setiap orang pasti berbeda. Lain halnya dengan ilmu pengetahuan. Ilmu pengetahuan cenderung lebih bersifat pasti dan diperkuat dengan teori-teori yang sudah dibuktikan kebenarannya. Namun hal ini dikembalikan lagi pada persepsi masing-masing orang dalam menilai suatu hal.
    Yang ingin saya tanyakan disini ialah, bagaimana cara memicu imajinasi seseorang supaya dapat menghasilkan sesuatu yang lebih baik dengan imajinasinya? Bagaimana dengan orang-orang yang menganggap dirinya tidak bisa berimajinasi? Bukankah imajinasi itu merupakan suatu hal yang mengalir begitu saja dan tidak bisa dipaksakan?

    BalasHapus
  68. Imajinasi adalah hal sepele namun memberikan dampak yang besar, tidak semua orang mengetahui itu. Dari hal sepele itulah kita bisa memunculkan ide ide yang tertuang dalam fikiran kita. Kebanyakan orang hanya diam di zona nyamannya padahal, zona tersebut bisa saja mematikan dia. Berimajinasi juga bisa menghasilkan kreatifitas dan mempunyai nilai jual yang tinggi.
    Pertanyaan :
    1. Bagaimana mengubah karakter seorang squidword menjadi orang yang mempunyai imajinasi?
    2. Apa semua imajinasi berdampak positif?
    3. Adakah cara menimbulkan imajinasi?

    BalasHapus
  69. Sesuai yang bapa telah uraikan tulisan "kotak sponge bob". bahwa imajinasi sangat penting dan sangat dibutuhkan.apat membuat dari yang belom ada menjadiu ada. karena imajinasilah d karena imajinasilah dunia ini dapat lebih canggih, berwarna,mewah dan sebagainya. imajinasi ini tentu penting dirasa untuk dikembangkan di dunia pendidikan..sebagaimana sebuah realita yang terjadi dalam dunia pendidikan Indonesia bahwa sebagian besar gurunya hanya dapat memberi teori materi yang akan disampaikan.tanpa mencoba membuat siswa itu kreatif.

    1. Apa yang bapa maksudkan bahwa google diciptakan oleh imajinasi yang nakal dan iseng?
    2. Apakah imajinasi hanya tumbuh ketika kita pikir di zona tidak nyaman?
    3. Apakah hal yang mendasari bahwa bapa berpendapat "imajinasi lebih penting dari ilmu pengetahuan?
    4. Bgaimana bisa imajinasi tumbuh di zona tidak nyaman
    5. Apakah hanya imajinasi yang dapat menumbuhkan inovasi?

    BalasHapus
  70. Lucy Santa Katarina (P. IPS Regular 2013)

    Saya sependapat dengan tulisan diatas, bahwa imajinasi sangat penting dalam keberlangsungan hidup manusia. Tidak ada suatu hal yang tumbuh dari imajinasi. Namun kebanyakan orang menganggap sepele tentang imajinasi. Menganggap imajinasi hanya khayalan para orang yang tak mempunyai pekerjaan/kesibukan. Dari pemikiran inilah, banyak orang yang enggan untuk mengembangkan imajinasinya dan sangat sulit untuk berkembang. Pemikiran seperti itu haruslah dihapuskan. Tidak ada hal besar yang berasal dari besar pula, harus melalui proses yang bertahap yaitu mulai dari hal kecil baru menjadi besar.
    Pertanyaan :
    1. Mengapa imajinasi bisa merubah keberlangsungan hidup manusia (dalam segala bidang) ?
    2. Mengapa orang jaman sekarang sulit sekali untuk berimajinasi dalam hal positif ?
    3. Mengapa imajinasi bisa melahirkan karya-karya yang maha besar didunia ini ?

    BalasHapus
  71. Firman Surahman
    P.IPS B 2013

    Assalamualaikum. Imajinasi adalah permainan otak kita dengan logika. Namun tidak semua imajinasi bisa dinalar dengan rariosal atau logika. Imajinasi juga jadi luar biasa ketika manusia menggabungkannya dengan pengalaman pribadi. Betapa luar biasanya sebuah imajinasi yang dapat menemukan penemuan besar. Namun saat ini imajinasi sukar untuk dikembangkan secara alamiah ? Banyak guru dari setiap institusi pendidikan malah memaksa siswa/inya untuk berimajinasi. Anak di usia dini seharusnya dapat mengembangkan imajinasinya, tapi kenapa banyak orang tua tidak tepat mengarahkan imajinasi anak-anaknya ? Apa bedanya imajinasi dengan inspirasi ? Karena imajinasi dan aspirasi bisa muncul dari pengalaman indera dan bisa dinalar dengan logika. Apa yang terjadi jika manusia tidak memiliki imajinasi ? Semoga dari tulisan ini kita belajar bahwa imajinasi bukan hal yang dipaksakan tapi terjadi karena alamiah.

    BalasHapus
  72. Syifa Maharani Daniar
    4915131400
    P.IPS A

    tulisan bapak yang berjudul kotak spongebob ini menjelaskan tentang imajinasi, imajinasi itu sangat bagus untuk diri kita mungkin karna berimajinasi kita bisa menciptakan sesuatu hal dengan bereksperimen dengan karya kita sehingga membuahkan hasil yang bisa menjadi karya yang dikagumi orang lain. setiap manusia pasti memiliki mimpi dan imajinasi tergantung diri kita menuangkan imajinasi dan mimpi kita itu menghasilkan sesuatu yang baru atau tidak.

    PERTANYAAN!!!
    1.semejak kapan imajanisa itu muncul pada diri kita?
    2.saat usia tua apakah masih bisa berimajinasi?
    3.apakah imajinasi sangat berkaitan dengan mimpi?

    BalasHapus
  73. Tarmuji
    PIPS B 2013
    4915133414

    Menurut saya imajinasi adalah salah satu elemen penting dalam perkembangan peradaban manusia. Tadinya memasak hanya dengan kayu bakar sekarang sudah menggunakan kompor gas. Itu adalah salah satu bukti bahwa imajinasi itu penting bagi peradaban manusia.

    1. Apakah semua hal membutuhkan imajinasi ?
    2. Bagaimana cara memperkuat imajinasi ?
    3. Sampai kapan imajinasi dapat berfungsi ?

    BalasHapus
  74. Siti Amellia Rachmah (4915133442)
    Pendidikan IPS B 2013

    Imajinasi dapat datang kapan saja dan di mana saja. Imajinasi merupakan sebuah mimpi yang kadang dianggap aneh atau tidak mungkin oleh sebagian orang. Namun jangan salah, imajinasi dapat melahirkan sesuatu yang brilian. Dalam berimajinasi, seseorang secara tidak sadar dapat menciptakan sebuah pengetahuan baru yang belum ada sebelumnya. Imajinasi juga dapat memberikan perubahan-perubahan yang positif untuk kehidupan manusia.
    1. Mengapa kita perlu berimajinasi?
    2. Bagaimana cara berimajinasi?
    3. Apa yang terjadi jika seseorang tidak bisa berimajinasi?

    BalasHapus
  75. Siti Amellia Rachmah (4915133442)
    Pendidikan IPS B 2013

    Imajinasi dapat datang kapan saja dan di mana saja. Imajinasi merupakan sebuah mimpi yang kadang dianggap aneh atau tidak mungkin oleh sebagian orang. Namun jangan salah, imajinasi dapat melahirkan sesuatu yang brilian. Dalam berimajinasi, seseorang secara tidak sadar dapat menciptakan sebuah pengetahuan baru yang belum ada sebelumnya. Imajinasi juga dapat memberikan perubahan-perubahan yang positif untuk kehidupan manusia.
    1. Mengapa kita perlu berimajinasi?
    2. Bagaimana cara berimajinasi?
    3. Apa yang terjadi jika seseorang tidak bisa berimajinasi?

    BalasHapus
  76. manusia tanpa atau tidak berimajinasi dengan baik tidak bisa meraih kesuksesaan yang diinginkan apalagi imajinasi yang tidak baik.karna imajinasi sangat penting bagi kehidupan kita kedepannya jangan sesekali menyepelekan imajinasi walupun menurut banyak orang gampang tapi tidak semudah apa yang difikirkan orang banyak akran belum tentu fikiran orang sama semua dengan otak orang beda beda jadi jangan menyepelekan imajinasi semata.

    pertanyaan:

    1.Apakah orang sukses itu harus berimajinasi yang tinggi?
    2.Bagaimana cara kita berimajinasi dengan baik?
    3.Apakah ada tokoh diindonesia seperti spongebob dan patrick?

    BalasHapus
  77. Imajinasi melahirkan banyak hal untuk membantu manusia. Orang yang memilih berada di zona aman biasanya takut untuk berimajinasi. Mereka lebih memilih berjalan dalam kondisi yang aman. Orang yang berimajinasi cenderung aktif. Tetapi mengapa orang yang berimajinatif terlihat seperti orang aneh (gila)? Adakah dampak dari orang berimajinasi? Apakah Tuhan juga berimajinasi?

    BalasHapus
  78. Deasy Tiara_4915137154_PIPS.B.2013
    Hidup yang konstan ,berdasarkan runutan logika ,hidup secara sistematis ,melindungi diri dari segala spontanitas inilah jalan pemikiran yang banyak dilakukan orang-orang yang ingin keselarasan yang membosankan dalam hidupnya,tidak ingin ada riak air hidupan yang berarti untuk dihadapinya.
    Bukannya hidup yang menarik itu membawa banyak kerumitan lalu mengubahnya menjadi kemudahan dengan rangkaian imajinasi?imajinasilah yang aktif dapat menuntun kita pada penemuan yang fantastis dan inovatif bukan? dari imajinasi ditambah sedikit ilmu coba-coba yang telaten pasti sedikit banyak imajinasi kita dapat terwujud. tapi terkadng ada orang yang sulit berimajinasi
    apakah ada faktor tertentu yang menyebabkan tidak sedikit orang sulit berimajinasi?

    BalasHapus
  79. Deasy Tiara_4915137154_PIPS.B.2013
    Hidup yang konstan ,berdasarkan runutan logika ,hidup secara sistematis ,melindungi diri dari segala spontanitas inilah jalan pemikiran yang banyak dilakukan orang-orang yang ingin keselarasan yang membosankan dalam hidupnya,tidak ingin ada riak air hidupan yang berarti untuk dihadapinya.
    Bukannya hidup yang menarik itu membawa banyak kerumitan lalu mengubahnya menjadi kemudahan dengan rangkaian imajinasi?imajinasilah yang aktif dapat menuntun kita pada penemuan yang fantastis dan inovatif bukan? dari imajinasi ditambah sedikit ilmu coba-coba yang telaten pasti sedikit banyak imajinasi kita dapat terwujud. tapi terkadng ada orang yang sulit berimajinasi
    apakah ada faktor tertentu yang menyebabkan tidak sedikit orang sulit berimajinasi?

    BalasHapus
  80. Deasy Tiara_4915137154_PIPS.B.2013
    Hidup yang konstan ,berdasarkan runutan logika ,hidup secara sistematis ,melindungi diri dari segala spontanitas inilah jalan pemikiran yang banyak dilakukan orang-orang yang ingin keselarasan yang membosankan dalam hidupnya,tidak ingin ada riak air hidupan yang berarti untuk dihadapinya.
    Bukannya hidup yang menarik itu membawa banyak kerumitan lalu mengubahnya menjadi kemudahan dengan rangkaian imajinasi?imajinasilah yang aktif dapat menuntun kita pada penemuan yang fantastis dan inovatif bukan? dari imajinasi ditambah sedikit ilmu coba-coba yang telaten pasti sedikit banyak imajinasi kita dapat terwujud. tapi terkadng ada orang yang sulit berimajinasi
    apakah ada faktor tertentu yang menyebabkan tidak sedikit orang sulit berimajinasi?

    BalasHapus
  81. Yulinda Indah Pramesta
    4915133440
    PIPS B 2013

    Imajinasi manusia memang sangat luas dan tak terbatas. Hal ini mengingatkan saya dengan JK Rowling penulis buku Harry potter. Beliau memiliki daya imajinasi yang sangat tinggi. Dari membentuk berbagai karakter aneh dalam Harry potter seperti karakter Goblin, Dobby, Buckbeek dll. Karakter dimana manusia lainnya belum tentu membayangkannya. Inilah perbedaan antara manusia kreatif dan tidak. Manusia yang kreatif sudah tentu memiliki imajinasi yang tinggi. Namun bagi mereka yang tidak kreatif, mereka tak memiliki cukup daya imajinasi untuk menciptakan sesuatu yang baru. Mereka hanya bisa memperbarui atau hanya meneruskan apa yang sudah ada. Bila dikaitkan dengan pendidikan kita, saya sangat setuju dengan pendapat bapak diatas bahwa rasanya sistem pendidikan di negara ini hanya diteruskan secara turun temurun tanpa adanya imajinasi pembaruan yang lebih mengasyikan dalam sistem pembelajaran di negara ini.
    Pertanyaan
    1. Apakah sulit berimajinasi?
    2. Apakah orang yang berimajinasi lebih baik daripada orang yang tidak bisa berimajinasi?
    3. Bagaimana merubah sistem pendidikan yang membosankan?

    BalasHapus
  82. RISMA ELISA
    P IPS REG B
    4915133403

    Menurut saya , imajinasi adalah hal yang penting dalam sebuah pemikiran, karena dengan imajinasi kita bisa membuat apapun yang kita mau. kesuksesan di mulai dari timbulnya imajinasi dalam pikiran kita, hanya saja kita tinggal bagaimana mencari cara agar imajinasi tersebut dapat terwujud. pertanyaan saya : adakah pola dalam menentukan imajinasi seseorang ? kapan biasanya imajinasi sering muncul dalam pemikiran seseorang ? mungkinkah imajinasi awal dari kemampuan atau keahlian seseorang dalam mengaplikasikan hidupnya untuk sukses ?

    terima kasih

    BalasHapus
  83. Kusumaningdyah (4915133417) pips2013b

    spongebob! saya juga suka sama spongebob. selalu out of the box. anti mainstream. soal imajinasi, memang benar, imajinasi itu perlu. semua teknologi jaman sekarang bisa jadi karna imajinasi orang-orang jaman dahulu. dan imajinasi kita hari ini bisa jadi akan ada di masa depan. tapi, bukan hanya sekedar untuk di-imajinasi-kan, namun, untuk di buktikan. karna jika tidak, namanya akan menjadi khayalan.

    pertanyaan:
    1. apakah otak kanan itu lebih bagus dari otak kiri?
    2. mengapa di dunia ini lebih mendominasi orang-orang yang seperti squidy daripada spongebob? apa penyebabnya? bagaimana membuat mereka menjadi spongebob yang selalu berimajinasi tinggi?
    3. apakah menumbuhkan imajinasi harus selalu ada inspirasinya?

    BalasHapus
  84. Lina Wati P.IPS B 2013 . Imajinasi membuat manusia terus berinovasi dan berkembang. Dengan imajinasi, kita dapat menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Imajinasi mendorong dunia makin penuh warna. Jadi teruslah berinovasi.
    Pertanyaan :
    1. Mengapa saat ini orang masih jarang berinovasi?
    2. Bagaimana munculnya imajinasi?
    3. Mengapa orang masih takut untuk berimajinasi?

    BalasHapus
  85. P.IPS B 2013
    4915133439

    imajinasi itu penting banget! semua orang pasti memilikinya, dalam hal sadar , sengaja maupun tidak sengaja pasti suatu saat imajinasi itu akan terlahir dengan sendirinya. jadi ya kita semua harus berimajinasi agar menjalani hidup ini penuh dengan warna. tidak peduli apa kata orang lain, berpikir positif dengan imajinasi kreatif yang kita punya untuk menciptakan hal hal baru!

    1. apa hubungan nya imajinasi dengan kehidupan kita?
    2. apakah imajinasi bisa membuat sebuah karya?
    3. dari mana asal kata imajinasi itu?

    BalasHapus
  86. ELSA PRATIWI
    4915133434
    P. IPS REG B

    Benar sekali pak jika imajinasi itu penting sekali untuk kehidupan kita. Tapi masih banyak orang yang takut untuk berimajinasi.
    1. Kapan imajinasi itu bisa muncul?
    2. kenapa banyak orang yang takut berimajinasi?
    3. kenapa ada orang yang sudah berimajinasi tetapi takut untuk melakukan prakteknya?

    BalasHapus
  87. Fasubkhanali
    P. IPS B 2014
    4915142808

    Imajinasi adalah sesuatu yang seharusnya sudah melekat dalam diri sejak kanak-kanak. Imajinasi adalah sesuatu yang mampu membuat dunia ini berbeda dan berwarna. Imajinasi adalah sesuatu yang perlu dimiliki siapapun.

    Memang tidak semua orang mudah untuk berimajinasi. Tidak semua orang memiliki imajinasi yang kuat untuk membuat suatu hal lebih berwarna. Imajinasi yang mampu merubah dunia ini. Padahal, perubahan-perubahan yang ada dimuka bumi ini terjadi karena adanya kreatifitas dari imajinasi para pemikirnya. Imajinasi yang seperti inilah yang dibutuhkan kita semua.

    Banyak hal yang harus berubah dari dunia ini. Perubahan-perubahan yang mampu diubah dengan imajinasi. Imajinasi yang membuahkan kreatifitas untuk membuat karya-karya dan perubahan besar. Kita semua tentu membutuhkan hal-hal ini demi menciptakan dunia yang lebih baik dan lebih berwarna.

    BalasHapus
  88. Banyak keteladanan yang bisa diambil dari salah satu episode dari kartun kesukaan saya ini, karena itu saya sependapat dengan bapak. kehidupan masyarakat kita yang serba kolot menurut saya. menimbun imajinasi kita. Para pejabat dan kalangan tua lah yang kebanyakan menunjukan budaya kolot ini. walaupun ada juga yang sudah berpikiran luas dan tidak linier. Tetapi yang kolot tetap mendominasi. Bukan berarti saya berkata bahwa semua tradisi yang kita pegang kolot.
    Keinginan untuk berubah perlu ditanamkan sendari kecil. Tidak terlepas dari fakta bahwa kaum muda adalah agent of change seperti saat Reformasi. Mahasiswa berdemo menentang penjajahan yang dilakukan oleh pemerintahan pada saat itu. menurut saya, hal itu adalah penjajahan.kebebasan dalam berekspresi dikekang seperti pada saat pers dikekang. imajinasi para penulis tertahan. mereka jadi kurang berminat dalam menulis. Sedangkan menulis menghasilkan buku dan buku sendiri adalah jendela ilmu secara tidak langsung hal ini berhubungan dengan pendidikan. Penulisan buku didikte oleh pemerintah untuk kepentingan politik dan kekuasaan mereka. Bukankah hal itu termasuk penindasan. Rakyat dibiarkan bodoh.
    Jika analogikan dengan kartun spongebob, masyarakat, siswa, dan mahasiwa adalah spongebob dan patrick. Sedangkan, para anggota dewan adalah squidward nya . tidak terlepas dari fakta yang sebelumnya saya sebutkan bahwa pemuda adalah agent of change. Hanya kita sendiri yang bisa merubah republik sulap ini. republik yang memunculkan ada yang tidak ada dan menghilangkan yang ada. hanya kita yang bisa merubahnya sendiri. Kita harus keluar dari tempurung penghalang kemajuan ini. tanpa imajinasi kita tidak akan bisa menjadi bangsa yang besar.

    BalasHapus
  89. Hanifan Pratama Sonata
    4915144112
    P.IPS B 2014

    Banyak keteladanan yang bisa diambil dari salah satu episode dari kartun kesukaan saya ini, karena itu saya sependapat dengan bapak. kehidupan masyarakat kita yang serba kolot menurut saya. menimbun imajinasi kita. Para pejabat dan kalangan tua lah yang kebanyakan menunjukan budaya kolot ini. walaupun ada juga yang sudah berpikiran luas dan tidak linier. Tetapi yang kolot tetap mendominasi. Bukan berarti saya berkata bahwa semua tradisi yang kita pegang kolot.
    Keinginan untuk berubah perlu ditanamkan sendari kecil. Tidak terlepas dari fakta bahwa kaum muda adalah agent of change seperti saat Reformasi. Mahasiswa berdemo menentang penjajahan yang dilakukan oleh pemerintahan pada saat itu. menurut saya, hal itu adalah penjajahan.kebebasan dalam berekspresi dikekang seperti pada saat pers dikekang. imajinasi para penulis tertahan. mereka jadi kurang berminat dalam menulis. Sedangkan menulis menghasilkan buku dan buku sendiri adalah jendela ilmu secara tidak langsung hal ini berhubungan dengan pendidikan. Penulisan buku didikte oleh pemerintah untuk kepentingan politik dan kekuasaan mereka. Bukankah hal itu termasuk penindasan. Rakyat dibiarkan bodoh.
    Jika analogikan dengan kartun spongebob, masyarakat, siswa, dan mahasiwa adalah spongebob dan patrick. Sedangkan, para anggota dewan adalah squidward nya . tidak terlepas dari fakta yang sebelumnya saya sebutkan bahwa pemuda adalah agent of change. Hanya kita sendiri yang bisa merubah republik sulap ini. republik yang memunculkan ada yang tidak ada dan menghilangkan yang ada. hanya kita yang bisa merubahnya sendiri. Kita harus keluar dari tempurung penghalang kemajuan ini. tanpa imajinasi kita tidak akan bisa menjadi bangsa yang besar.

    BalasHapus
  90. Ghaffar Radithio Putra
    P. Ips b 2014
    4915142801

    Imajinasi adalah daya khayal yang tiada batasnya pada diri seseorang. Pada dasarnya imajinasi dimiliki oleh semua orang tetapi, ada orang yang memakai imajinasinya dan ada yang tidak. Dengan menggunakan imajinasi dapat mendorong seseorang untuk melahirkan kreativitas dan inovasi baru contohnya mantan CEO apple yaitu Steve Jobs dengan bermodalkan imajinasi dia dapat melahirkan dan mengembangkan teknologi smartphone.
    Manusia dibekali akal oleh Allah S.W.T untuk mengembangkan yang sudah ada di bumi ini, namun mengapa manusia lebih memilih berada di zona aman dalam hidupnya dan tidak berani mengeksplor yang ada. Padahal, banyak orang yang sukses dengan menggunakan imajinasi mereka seperti orang-orang yang bapak sebut diatas.
    Seharusnya petinggi petinggi d negeri ini menggunakan imajinasi mereka karena mereka cenderung mengikuti yang sudah ada dan juga dalam pengambilan kebijakan hanya ikut ikut negara tetangga yang notabene tidak cocok di Indonesia. Bayangkan negara luar mereka hebat karena imajinasi. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda marilah berimajinasi untuk menyongsong masa depan yang cerah di negeri ini!

    BalasHapus
  91. Imajinasi atau daya khayal sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Pengertian dari imajinasi sendiri adalah sebuah kekuatan atau proses yang menghasilkan citra mental dan ide. Istilah ini secara teknis dipakai dalam psikologi sebagai proses membangun kembali persepsi dari suatu benda yang terlebih dahulu diberi persepsi pengertian.

    Dalam hal ini, Spongebob dan Patrik mempunyai persepsi terhadap sebuah kotak bahwa kotak itu adalah suatu tempat yang mereka anggap tempat itu adalah tempat yang seru, sedangkan Squidward tidak demikian. Squidward hanya menganggap kotak itu adalah kotak biasa saja. Memang film kartun terhasil oleh imajinasi yang tinggi si penciptanya. Tanpa adanya imajinasi tidak mungkin tercipta film kartun yang sangat menghibur.
    Setiap orang terlahir berdeba-beda, ada yang memiliki daya khayal atau imajinasi yang tinggi dan ada yang rendah. Imajinasi tidak berbeda jauh dengan kreatifitas, ada beberapa cara untuk meningkatkan daya imajinasi kita diantaranya adalah megembangkan hobi, memecahkan sebuah masalah, dan sering berkhayal.

    Di jaman yang serba modern ini kita dituntut untuk menjadi pribadi yang kreatif yang memiliki daya imajinasi yang tinggi agar bisa bersaing dengan orang banyak. Tanpa adanya imajinasi hidup kita akan monoton dan tidak indah seperti Squidward sedangkan jika kita memiliki daya imajinasi yang tinggi seperti Spongebob dan
    Patrik hidup kita akan penuh warna dan melahirkan karya-karya inovatif yang luar biasa.

    Reza Priyantama
    P.IPS B 2014

    BalasHapus
  92. Ilham Mahardhika wibowo
    P.ips B 2014 (4915144092)
    Imajinasi. sangatlah asik bermain imajinasi, terkadang imajinasi kita sendiri dapat memberi kita inspirasi untuk mencapai masa depan yang cerah. Dan memang dalam kartun spongebob kita dapat mengambil contoh yang baik. Dimana spongebob dan patrik dapat memiliki inspirasi dan imajinasi yang sangat baik.
    Tetapi masih ada yang berfikiran imajinasi itu hanya ilusi sementara, hanya berfikiran sementara, contoh seperti squidward, ia tidak memedulikan apa itu imajinasi, hanya orang bodoh yang memelakukan imajinasi tersebut. malah orang seperti itu yang tidak memikirkan kedepannya, karna imajinasilah yang membantu kita untuk melanjutkan kehidupan yang lebih baik.
    Kita sebagai mahasiswa harus mempunyai imajinasi yang hebat dan tinggi seperti dalam kartun spoengebob ini. Walaupun terkesan gila, tetapi imajinasi inilah yang membantu kita untuk mendapatkan apa yang slalu kita impikan.

    BalasHapus
  93. “Rocket ini berjalan baik namun mendarat di palanet yang salah Van Braun”
    Imajinasi merupakan sebuah anugerah yang dimiliki manusia, karena manusia makhluk satu-satunya yang memiliki imajinasi, hal ini membuat manusia mengambil alih supremasi di dunia didampingi dengan akal dan pikiran. Dengan imajinasi manusia bisa menembus semua hal yang tidak mungkin, karena imajinasi berupa khayalan atau gagasan menyenangkan yang dimiliki oleh seseorang, dibalik imajinasi seseorang memiliki ambisi untuk menembus tujuan yang kelihatan mustahil bagi orang lain dan menjadi kenyataan, banyak hal yang kita lihat dan kita manfaatkan merupakan hasil dari imajinasi seseorang.
    Namun dibalik realita tersebut, ada sebuah kesalahan yang dibuat oleh anak adam yang salah dalam berimajinasi. Hitler,Hirohito merupakan dua anak adam yang salah menggunakan imajinasi mereka, dimana Hitler berimajinasi dan bermimpi untuk membuat Ras Arya untuk mendominasi dunia sehingga menyebabkan great mortality atau kematian besar, karena imajinasinya itu melahirkan perang dunia ke II yang menyebabkan pembantaian atas bangsa yahudi,rusia dan lainya, sedangkan Hirohito dari Jepang berimajinasi dan bermimpi bahwa Asia akan dibawah naungan jepang dengan semboyan “HAKKO ICHIO” yang menjadi malapetaka bagi masyarakat asia karena jepang mendeklarasikan perang dan kematian dimana-mana, seperti pembantaian Nanqing merenggut nyawa jutaan masyarakat china, Indonesia pun tidak luput dijajah dan menyisakan penderitaan seperti tanam paksa,kerja paksa, hingga harus menyembah kaisar,pada Akhirnya akibat imajinasi gila Hirohito, Jepang pun dijatuhi bom atom yang menyebabkan matinya ratusan ribu jiwa tak berdosa rakyatnya sendiri.
    Imajinasi mereka memang sangat sadis, namun pada faktanya orang pergi ke bulan karena adanya imajinasi Van Braun yang berangan-angan ke bulan dan juga penemu rudal V-2 Rocket yang menyerang dataran inggris dan ia dipaksa menemukan rudal oleh Hitler setelah itu ia diculik Amerika dan berkerja di NASA. Pesawat jet tempur messerschmit merupakan masterpiece jerman yang diperintah Hilter dan apa yang terjadi ? semula penemuan itu membunuh ratusan orang dan sekarang teknologi jet digunakan orang untuk pergi haji mendistribusikan bantuan untuk daerah terkena musibah maupun lainnya. Memang imajinasi seperti dua koin yang meiliki 2 sisi yang kontradiksi , sebaiknya imajinasi itu digunakan untuk kebaikan dan kemashlahatan umat.

    BalasHapus
  94. Rijalul Fahmi (4915145529)
    P.IPS B 2014
    Assalamualaikum wr wb
    Kita seringkali salah persepsi dalam memahami makna imajinasi. Dalam kenyataannya, imajinasi adalah sebuah kerja akal dalam mengembangkan suatu pemikiran yang lebih luas dari apa yang pernah dilihat, dengar, dan rasakan. Dengan imajinasi, manusia mengembangkan sesuatu dari kesederhanaan menjadi lebih bernilai dalam pikiran. Ia dapat mengembangkan sesuatu pemikirian kecil menjadi pemikiran luar biasa.
    Menurut (Albert Einstein), Imajinasi lebih penting daripada ilmu pengetahuan. Sebab ilmu pengetahuan terbatas hanya pada yang kita tahu dan pahami, sementara imajinasi merengkuh seluruh dunia serta semua yang akan diketahui dan dipahami, seperti para penemu dan ilmuan yang melahirkan satelit, telepon genggam, i-pod, i-phone dan i-pad, yang bermula dari imajinasinya
    Kita harus bisa keluar dari zona aman yang telah mengurung cara berfikir kita jangan sampai kita seperti squidword yang tak berani keluar dari zona amanya, namun kita belajarlah dari spongebob yang berani keluar dari zona aman berani berimajinasi berani berifikir besar, walaupun spongebob dan petkic terlihat bodoh namun mereka tak seperti squidword yang terlihat pintar namun tak memiliki mimpi besar seeprti mereka.
    Wasalamualaikum

    BalasHapus
  95. wildan wiratmoko p.ips A 2014

    Tulisan bapak sangat bagus sekali dan benar-benar membuka mata kita semua bahwa adanya inspirasi tersebut penting dalam perkembangan diri kita dalam menemukan inovasi atau pemikiran terbaru dalam diri kita.Imajinasi juga lahir dengan tidak kita sadari atau kita sadari dalam kehidupan kita,jika tanpa imajinasi mungkin otak kita tidak akan berkembang

    Yang dilakukan spongebob atau patrick menurut squidward dan orang-orang lain mungkin adalah kegiatan bodoh yang tidak ada gunanya,padahal dengan imajinasi itu spongebob dan patrick mampu percaya diri di depan squidward,spongebob dan patrick pun selalu bisa menemukan kegiatan inovatif-inovatif lainnya karena mereka selalu berimajinasi dan itupun membuat otak mereka berkembang


    Orang-orang yang suka berimajinasi mampu mengimplementasikan dirinya terhadap lingkungannya sendiri dan mampu menciptakan inovasi-inovasi baru.Tekonologi pada zaman sekarang ini juga berawal dari imajinasi orang-orang yang mempunyai kemampuan imajinasi yang tinggi

    BalasHapus
  96. IQBAL ZULMA
    4914151038
    PIPS A 2014

    Imajinasi sangat penting bagi setiap manusia tapi ada juga yanf menganggap imajinasi itu khayalan tingkat tinggi dan sebagian orang menanggapinya orang gila. Imajinasi bisa melahirkan sebuah karya karya baik contohnya lagu john lennon dengan judul imagine dan mantan presiden amerika jimmy carter berkata" lagu imagine sama sering diputar sama banyaknya dengan lagu kebangaaan"
    Imajinasi membuat angan angan melayang terbang tinggi ketika kita berimajinasi kita terhibur dengan imajinasi"
    imajinasi dipakai untuk para anggota anggota dpr sehinga bisa memajukan dan memakmurkan indonesia

    BalasHapus
  97. Imajinasi merupakan sesuatu yang mengayun dan menggelayut dalam angan pikiran kita. Terkadang imajinasi membawa kita pada ketidakpastian yang semu. Tetapi harus kita sadari, bahwa di sisi lain imajinasi merupakan hal yang mengasyikkan dan membawa inspirasi. Banyak tokoh-tokoh besar dan karya-karya fenomenal yang lahir dari satu imajinasi.
    Apa jadinya bila tidak ada imajinasi dalam kehidupan? Bagaikan nasi tanpa lauk dan garam, sangat hambar rasanya. Bila digambarkan mirip seperti kehidupan Squidward dalam tulisan diatas. Rasanya, hidup ibarat diselimuti kabut tebal kekakuan tanpa ada pencerahan imajinasi.
    Jangan takut untuk bermimpi dan berimajinasi, karena bisa saja dari satu imajinasi tumbuh ribuan ide cemerlang dan kreativitas unik. Semakin kita berani berimajinasi, maka semakin mengasyikkan kehidupan yang kita jalani ini, dan adrenalin kita akan semakin terpacu untuk menghasilkan ide, bahkan menjadi sebuah karya besar.

    Tri Arung Wirayudha
    4915141048
    P.IPS A 2014

    BalasHapus
  98. Nama : Taufik hidayatulloh
    Nim : 4915145638
    Kelas : P.IPS 2014

    Imajinasi adalah sebuah anugrah yang kuasa yang paling indah,karena imajinasi bisa menciptakan sebuah hal yang tak terhingga dan juga menciptakan dunia milik kita sendiri yang kita inginkan.Imajinasi juga dapat mengarahkan seseorang untuk membuat sesuatu yang tak dapat diterima akal fikiran manusia.

    Banyak orang mungkin berfikir bahwa pada zaman dahulu untuk memijakan kaki kebulan itu hal yang sangat mustahil,sekarang hal itu terbantahkan berkat adanya tehnologi yang mununjang semua hal itu,ini terjadi berkat adanya imajinasi.jadi manusia mau buntuk berusaha dan berfikir kedepan untuk mencapai sesuatu yang diragukan oleh orang lain.

    Mungkin bagi beberapa orang imajinasi adalah hal yang aneh,karena hal itu terlalu sulit untuk diterima nalar dan tidak rasional,kebanyakan orang hanya bertahan dizona amannya seperti squidword yang tak mau mencoba hal baru,hanya dirundung rasa penasaran akan dunia luar dan keogisan dirinya sendiri
    “ imajinsi bisa meubah dunia”

    BalasHapus
  99. Muhammad Ilham Tachril P.IPS A 4915141040

    Manusia memang dianugerahi akal,tetapi akal tersebut bergantung pada manusianya sendiri. Manusia juga memliki imajinasi atau gambaran khayalan seperti harapan tetapi tidak konkrit,imajinasi sering dikaitkan dengan cara berfikir seseorang dalam mengerjakan sesuatu,berbicara dan berkomunikasi. Imajinasi sering dikaitkan dengan masa kanak-kanak,tetapi imajinasi merupakan suatu dasar pemikiran untuk menyesuaikan dengan reseptor. Sebagai contoh kita berimajinasi dan bermimpi Indonesia menjadi lebih baik,hal itu memang bisa tergantung dai aktualisasi diri dari imanjinasi tersebut.
    Contoh spongebob adalah sebagian kecil dari imajinasi yang lainnya,imajinasi memang memberikan suatu kenyamanan dan kesenangan rohani. Jika kita melihat di masa kanak-kanak,bermain mobil-mobilan dan boneka adalah aplikasi dari imajinasi tersebut. Jika kita berimajinasi degan tinggi tetapi tidak melakukan berarti biasa saja,tetapi imajinasi di kembangkan dan di implementasikan melalui aktualisasi. Jika saja seseorang tidak memiliki imajinasi,berarti orang tersebut hanya diam dan mencari aman saja.
    Imajinasi adalah hal yag mutlak didapatkan oleh manusia,tinggal manusianya saja yang mengolah imajinasi dan menggunakan imajinasi tersebut secara positif. imajinasi mungkin saja bisa tetap atau tidak berkembang jika manusianya tidak mau berfikir dengan baik.
    IMAJINASI MEMBERKAN SUATU KENYAMANAN DAN GAMBARAN SESUATU YANG INDAH

    BalasHapus
  100. Assalamualikum pak
    Saya Ma'mun Raka Arief
    P.IPS A'14 (4915141016)

    Akal yang diberikan oleh Tuhan harus dimanfaatkan semaksimal mungkin, karena itulah tujuan Tuhan memberikan akal pikiran kepada seluruh umat. Tetapi akal tersebut harus dimanfaatkan untuk kebaikan yang berguna bagi diri-sendiri, orang lain, orang-tua, teman, agama, dan nusa bangsa.
    Imajinasi lahir dari kekuatan akal dan pikiran. Orang yang sering berimajinasi pasti akan terlihat dalam kegiatannya sehari-hari. Berpikir positif, kreatif, dan tidak bermalas-malasan adalah suatu output yang lahir dari buah keimajinasian. Contohnya adalah para seniman-seniman yang telah disebutkan didalam postingan paknusa.blogspot.com.
    Mungkin semua orang mampu berimajinasi, tetapi banyak juga orang yang takut untuk berimajinasi. Mereka takut untuk keluar dari comfort zone. Itulah para penerus-penerus Squidward masa kini. Squidward adalah seekor cumi, tentu saja kita sebagai manusia yang ukuran otaknya lebih besar dari cumi tidak mau untuk disama-samakan.
    MAKA DARI ITU, JANGANLAH KAU TAKUT UNTUK MENCOBA

    BalasHapus
  101. Muhidin
    4915141026
    P.IPS.A 2014

    Semua manusia pasti mempunyai imajinasi.Sudah pasti imajinasi dari diri manusia berbeda-beda.Oleh karena itu,banyak hasil-hasil dari imajinasi manusia tersebut seperti Si Unyil,Tom and Jerry,Avatar,Harry Potter,Narnia,dan The Lord of The Rings.

    Namun,masih ada yang tidak ingin berimajinasi,mungkin karena dia sudah nyaman dengan zonanya.Dan juga mungkin karena dia tidak ingin mencoba hal-hal yang baru.Orang seperti ini bagaikan katak dalam tempurung.

    Untuk itu,marilah kita coba untuk berimajinasi agar menemukan sesuatu yang baru dengan ide-ide kita.Karena imajinasilah yang dapat merubah dunia,mewarnai dunia,dan menciptakan sesuatu.Ayo berimajinasi !

    BalasHapus
  102. “Rocket ini berjalan baik namun mendarat di palanet yang salah - Van Braun”
    Simak dan resapi quote diatas 
    Imajinasi merupakan sebuah anugerah yang dimiliki manusia, karena manusia makhluk satu-satunya yang memiliki imajinasi, hal ini membuat manusia mengambil alih supremasi di dunia didampingi dengan akal dan pikiran. Dengan imajinasi manusia bisa menembus semua hal yang tidak mungkin, karena imajinasi berupa khayalan atau gagasan menyenangkan yang dimiliki oleh seseorang, dibalik imajinasi seseorang memiliki ambisi untuk menembus tujuan yang kelihatan mustahil bagi orang lain dan menjadi kenyataan, banyak hal yang kita lihat dan kita manfaatkan merupakan hasil dari imajinasi seseorang.
    Namun dibalik realita tersebut, ada sebuah kesalahan yang dibuat oleh anak adam yang salah dalam berimajinasi. Hitler,Hirohito merupakan dua anak adam yang salah menggunakan imajinasi mereka, dimana Hitler berimajinasi dan bermimpi untuk membuat Ras Arya untuk mendominasi dunia sehingga menyebabkan great mortality atau kematian besar, karena imajinasinya itu melahirkan perang dunia ke II yang menyebabkan pembantaian atas bangsa yahudi,rusia dan lainya, sedangkan Hirohito dari Jepang berimajinasi dan bermimpi bahwa Asia akan dibawah naungan jepang dengan semboyan “HAKKO ICHIO” yang menjadi malapetaka bagi masyarakat asia karena jepang mendeklarasikan perang dan kematian dimana-mana, seperti pembantaian Nanqing merenggut nyawa jutaan masyarakat china, Indonesia pun tidak luput dijajah dan menyisakan penderitaan seperti tanam paksa,kerja paksa, hingga harus menyembah kaisar,pada Akhirnya akibat imajinasi gila Hirohito, Jepang pun dijatuhi bom atom yang menyebabkan matinya ratusan ribu jiwa tak berdosa rakyatnya sendiri.
    Imajinasi mereka memang sangat sadis, namun pada faktanya orang pergi ke bulan karena adanya imajinasi Van Braun yang berangan-angan ke bulan dan juga penemu rudal V-2 Rocket yang menyerang dataran inggris dan ia dipaksa menemukan rudal oleh Hitler setelah itu ia diculik Amerika dan berkerja di NASA. Pesawat jet tempur messerschmit merupakan masterpiece jerman yang diperintah Hilter dan apa yang terjadi ? semula penemuan itu membunuh ratusan orang dan sekarang teknologi jet digunakan orang untuk pergi haji mendistribusikan bantuan untuk daerah terkena musibah maupun lainnya. Memang imajinasi seperti dua koin yang meiliki 2 sisi yang kontradiksi , sebaiknya imajinasi itu digunakan untuk kebaikan dan kemashlahatan umat.

    ACHMAD SUNANDAR P.IPS B 2014

    BalasHapus
  103. Nama : Nur’aini eka putri
    Kelas : P.IPS B 2014
    No. Reg : 4915145636
    Kotak spongebob
    Imajinasi adalah khayalan, dan khayalan adalah mimpi. Setiap manusia memiliki dan berhak untuk berkhayal tentang apapun. Seperti spongebob dan patrick mereka berkhayal denga sesuka hati mereka, mereka menuangkan apa saja yang ada dalam otak mereka. Setiap manusia bisa berkhayal tentang apa saja, dari khayalan tentang fiksi, khayalan tentang masa lampau, ataupun khayalan tentang masa depan.
    Banyak manusia yang menjadi hebat dan menggapai kesuksesan hanya berawal dari sebuah mimpi. Saat sebelum megikuti MPA jurusan kami para MABA di wajibkan untuk menulis 100 mimpi. Awalnya saya berfikir “buat apa kita menulis 100 mimpi? Cuma buang-buang waktu! Cape-capein aja”. Terus saya mengerjakan itu dengan ngedumel. Tanpa saya sadari, saya berimajinasi tentang masa depan dan bermimpi bahwa saya akan seperti itu dikemudian hari.
    Saat MPA jurusan, ada sesi acara dimana dihadirkan beberapa orang berprestasi di FIS dan salah satunya ka Mukhrim. Beliau bercerita tentang prestasinya hingga bisa dikirim keluar negeri.
    “awalnya saya hanya menuliskan semua mimpi mimpi saya didalam sebuah kertas dan menempelnya di lemari baju. saat saya membuka lemari, saya selalu melihat semua impian saya dan selalu ada rasa ingin bisa mewujudkan itu semua. Tanpa sadar kini impian-impian saya sudah banyak yang tercapai termasuk salah satunya berhasil keluar negeri dengan prestasi saya”
    Seketika itu juga saya merinding dan mengerti apa maksud dari tugas MPA tersebut. Sekarang saya membuat ulang 100 daftar impian saya dengan kesungguhan hati dan menempelnya di lemari baju berharap semua itu perlahan-lahan akan terwujud.
    MIMPI ADALAH KUNCI UNTUK KITA MENAKLUKAN DUNIA - Nidji-Laskar Pelangi -

    BalasHapus
  104. Imajinasi sangat sering menghampiri kehidupan seseorang. Akan tetapi, imajinasi tersebut biasanya hanya dapat dimanfaatkan dan dikreasikan oleh orang- orang yang kreatif serta mau berfikir luas. Imajinasi tidak hanya penting, tapi dibutuhkan. Tanpa imajinasi hidup terasa hambar.
    Hambarnya hidup tanpa imajinasi sangat tidak menyanangkan. Tidak ada yang dapat dikhayalkan untuk menghibur diri apabila sedang dalam keadaan bete. Imajinasi dapat mengubah mood seseorang menjadi lebih baik. Akan lebih baik lagi jika bisa berimajinasi bersama dengan teman dan sahabat.
    Berimajinasi bersama teman dapat membuat khayalan kita tambah luas. Imajinasi juga membutuhkan waktu. Karena imajinas dapat selalu dikembangkan dimanapun asal ada kemauan.

    arif akbar pips b '14

    BalasHapus
  105. Barangkali kita sebagai pelajar dan mahasiswa memang berada dalam satu sistem pengajaran yang salah. Korban sistem. Sudah bertahun-tahun. Sistem apa yang salah? Mungkin yang sudah mendarah daging di dunia pendidikan. Sistem behavioristik.
    Tekanan pendekatan behavioristik dalam proses belajar mengajar tanpa memandang sisi humanistik dan aspek-aspek psikologis tiap-tiap siswanya dan ini membuat kita menjadi generasi yang kaku, yang sulit bahkan hampir tak mampu lagi berimajinasi. Kita dituntut untuk mengikuti rancangan rencana belajar yang monohok. Itu-itu saja. “yang penting hasilnya bagus”-katanya, sebut saja mawar. Metodologi yang diterapkan maupun proses dan cara untuk mencapai hasil tersebut merupakan hal yang kurang penting dan cenderung terabaikan.
    Behavioristik cenderung mengarahkan siswa untuk berfikir linier, konvergen, tidak kreatif dan tidak produktif. Pandangan teori ini bahwa belajar merupakan proses pembentukan atau shaping, yaitu membawa siswa menuju atau mencapai target tertentu, sehingga menjadikan peserta didik untuk tidak bebas berkreasi dan berimajinasi. Cenderung menggunakan unsur reinforcement dan hukuman agar siswa dapat terbiasa dengan stimulus-stimulus behavioristik.
    Barangkali itu semua yang menyebabkan makin bertambahnya spesies seperti squidward di muka bumi ini. Takut untuk menjadi out of the box dari kotak pikirannya, menuju imajinasi yang sebenarnya. Takut untuk mendapat hukuman ataupun sanksi. Takut menjadi yang aneh dan gila karena imajinasi. Atau takut kehilangan waktunya yang sia-sia hanya hanya untuk berimajinasi.
    Berimajinasi bukanlah kesulitan yang berarti sebenarnya. Kita dibekali otak dan pikiran oleh Tuhan, yang mudah-mudahan semuanya sehat. Kita hanya butuh niat dalam diri untuk membangkitkan gairah berimajinasi. Lalu kemudian, lepaskanlah daya upaya sejauh mana pikiran kita dapat berselancar dalam dunia imaji. Tak perlu takut sampai sejauh mana nantinya. Tak perlu takut akan perhitungan apa yang akan dibuat setelah itu. Tak perlu takut. Tak perlu diperhitungkan. Sebab, Einsten juga pernah berkata bahwa tak selamanya yang diperhitungkan itu dihitung, dan tak selamanya pula yang dihitung itu diperhitungkan.
    TITA NURMALA –P.IPS B 2014
    4915144096

    BalasHapus

setiap komentar yang masuk akan terkirim secara langsung ke alamat email pribadi Bapak DR. Nusa Putra, S.Fil, M.Pd